Friday, January 28, 2022
Home Nasional Fahri Hamzah Sebut Ada Tiga Tahapan yang Membuat Polri Jadi Ujung Tombak...

Fahri Hamzah Sebut Ada Tiga Tahapan yang Membuat Polri Jadi Ujung Tombak Penegak Hukum

Ketua DPR RI, Fahri Hamzah berharap Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjadi ujung tombak penegakan hukum di usianya yang telah genap 72 tahun pada tanggal 1 Juni 2018.

Menurutnya ada tiga tahap untuk menjadikan Polri kembali sebagai ujung tombak penegakan hukum.

“Pertama dukungan regulasi. Kedua, penguatan institusi dan ketiga adalah membangun kultur profesional dan modern dalam tubuh Polri,” ujar Fahri di Jakarta, pada hari Senin (2/7).

Fahri menjelaskan bahwa dukungan regulasi pada dasarnya adalah pengaturan kembali fungsi lembaga penegakan hukum dengan mengedepankan institusi yang mendapat mandat langsung dari konstitusi.

“Sedangkan penguatan institusi adalah penataan kembali fungsi-fungsi dalam institusi Polri sendiri agar sesuai dengan kebutuhan melindungi dan mengayomi masyarakat sesuai perkembangan zaman,” tuturnya.

Kemudian, lanjut Fahri, membangun kultur adalah bagaimana seluruh bagian dari Polri memahami kewajiban dan wewenangnya sesuai tugas pokok dan fungsinya, sehingga Polri akan menjadi semakin profesional dan modern di segala bidang.

“Dengan tiga tahapan itu, maka terbentuklah sebuah sistem. Karena sistem yang tepat dan kuat mesti ditunjang kesamaan pola pikir anggota Polri dalam memandang prioritas persoalan bangsa yang berkaitan dengan Polri,” pungkasnya.

 

Sumber : Fahri Hamzah Sebut Ada Tiga Tahapan yang Membuat Polri Jadi Ujung Tombak Penegak Hukum
Fahri Hamzah Sebut Ada Tiga Tahapan yang Membuat Polri Jadi Ujung Tombak Penegak Hukum
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments