Fashion ‘jadul’ di film Dilan 1990 masih OK di era sekarang

0
193

Di awal tahun ini, geliat film tanah air kembali membuncah lantaran terbitnya DILAN 1990. Film DILAN 1990 ini merupakan adaptasi dari novel karya Pidi Baiq.

Kepopuleran Dilan 1990 ini bahkan mampu mengorbitkan nama-nama bintang muda tanah air yang ikut berperan di dalamnya. Iqbaal Ramadhan yang sebelumnya populer di kalangan remaja sejak era Coboy Junior, kini berhasil merebut perhatian penonton dari segala usia. Vanesha Prescilla, pemeran Milea, juga jadi aktris muda yang mulai diperhitungkan. Debo, Zulfa Maharani, Yoriko Angeline, Giuliano, dan lain-lain juga bikin penasaran yang sudah nonton DILAN 1990.

Satu lagi nih yang bisa populer gara-gara DILAN 1990 dan itu adalah fashion era 90-an. Namanya juga ceritanya anak muda era jadul, jadi penampilan karakter-karakternya juga sederhana. Tapi gaya Dilan dkk masih bisa dipakai kok untuk jaman now.

Pertama cara pakai seragam. Kalau di sinetron-sinetron kan banyak karakter yang seragamnya ketat, sedangkan di DILAN 1990 lebih mirip realita. Selain nggak ketat, roknya juga panjang selutut dengan ikat pinggang yang jelas terlihat. Cuma Dilan dan teman-teman gengnya aja yang biasanya mengeluarkan kemeja dari dalam celana biar kesan nakalnya kelihatan. Milea dan Dilan juga kalau berangkat atau pulang sekolah melengkapi fashion sekolahnya dengan jaket. Teman satu geng Dilan seperti Anhar, melipat lengan seragam mereka, ada yang begini juga?

Di rumah, Milea juga santai banget. Dia paling sering memakai celana pendek, ditambah dengan kaos oblong bergambar kartun. Siapa yang begini juga kalau di rumah? Kalau keluar Milea memakai celana kain atau overall yang masih bisa bergaya untuk era sekarang. Teman-teman Milea seperti Wati dan Rani juga gayanya nggak jauh beda.

Sedangkan Dilan kalau tidak sekolah biasanya memakai kaos mode Polo yang khas dengan kerahnya. Baru kalau sudah bergaya dengan geng motornya, ia berubah jadi gaul dengan jaketnya, baik itu jeans atau yang warna hijau tentara.

Benni, karakter mantan Milea yang diperankan Brandon Salim, menunjukkan tren anak muda di masa itu. Pakai kemeja rapi yang dimasukkan ke celana dilengkapi dengan rambut klimis. Style ini juga dipakai oleh Kang Adi (Refal Hady), mahasiswa ITB yang jadi guru les privat Milea.

Tak kalah menarik adalah penampilan Ira Wibowo sebagai bundanya Dilan. Kalau sedang di luar, dia berpenampilan layaknya guru pada umumnya. Tapi saat di rumah dia gaul banget, pakai kaos ketat yang membuatnya seperti sahabat-sahabat anaknya.

Film ini hanya perlu waktu 10 hari untuk meraih 10 juta penonton. Kalau terus begini bukan tidak mungkin, film pertama dari seri Dilan ini bisa menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Sumber : https://www.merdeka.com/gaya/fashion-jadul-di-film-dilan-1990-masih-ok-di-era-sekarang.html

Comments

comments