Monday, September 27, 2021
Home NASIONAL UMUM Firman Soebagyo: Terbaliknya Bendera Indonesia Sulit Dimaafkan

Firman Soebagyo: Terbaliknya Bendera Indonesia Sulit Dimaafkan

Wakil Ketua Badan Legislatif (Baleg) DPR RI, Firman Soebagyo, menilai peristiwa terbaliknya bendera Indonesia di dalam buku panduan SEA Games ke-29 adalah bentuk kecerobohan panitia penyelenggara di Malaysia.

Menurutnya, peristiwa tersebut sangat sulit untuk dimaafkan karena bisa saja ada unsur lain di dalamnya.

“Tidak mudah kita memberikan maaf begitu saja. Mungkin ini ada unsur kesengajaan karena memang selama ini sudah beberapa kali Malaysia sering melakukan tindakan dan perbuatan pelecehan kepada Indonesia,” ujarnya di Jakarta, Minggu (20/8).

Politisi Golkar ini mengungkapkan apabila dilihat secara kemanusiaan bisa saja Indonesia memaafkan, namun secara politik perilaku Malaysia tidak sekadar minta maaf karena ini telah menjadi sorotan dunia, khususnya negara-negara ASEAN yang sedang turut berlaga dalam kejuaraan SEA Games 2017.

Dalam hal ini, kata Firman, Pemerintah harus berani memberikan peringatan dan teguran keras kepada Malaysia agar penyelenggara diberikan sangsi keras karena perbuatan keteledoran seperti ini telah menyakitkan bangsa Indonesia.

“Apakah perlu Indonesia harus melakukan boikot sebagai bentuk protes untuk menarik pulang semua delegasi kita. Ini patut dipertimbangkan. Ingat sejak tumpah darah kita merdeka bangsa Indonesia selalu menjunjung tinggi dengan menghormati dengan sakral sang Merah Putih bendera kebangsaan kita,” pungkasnya.

 

 

Sumber : Firman Soebagyo: Terbaliknya Bendera Indonesia Sulit Dimaafkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments