Sunday, October 24, 2021
Home Nasional Flu Burung Terkendali, Papua Nugini Terima Produk Olahan Ayam Asal Indonesia

Flu Burung Terkendali, Papua Nugini Terima Produk Olahan Ayam Asal Indonesia

Produk ayam olahan Indonesia kembali diekspor untuk kali perdana setelah vakum sejak tahun 2003. Kala itu, wabah Flu Burung (Avian Influenza) sedang merebak di tanah air.

Mat Syukur, staf ahli Menteri Pertanian Bidang Inovasi dan Teknologi Pertanian secara resmi melepas ekspor perdana produk ayam olahan Indonesia ke Papua Nugini. Sebanyak 5.999,25 kg dalam 1000 karton milik PT. Charoen Pokphand Indonesia, telah siap untuk dikapalkan ke negara tujuan.

Badan Karantina Pertanian selaku penjamin kesehatan dan keamanan produk hewan ini, telah melakukan berbagai pemeriksaan fisik dan tindakan karantina lainnya sesuai persyaratan yang diminta negara tujuan. Selanjutnya, produk hewan ini akan dikapalkan melalui Pelabuhan Tanjung Priok pada Selasa (14/3). Petugas karantina memberikan sertifikat sanitasi produk hewan (KH.10) sebagai bukti telah memenuhi persyaratan teknis kesehatan, keamanan, dan keutuhan.

 

Ekspor perdana produk ayam ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Indonesia dan karantina Papua Nugini terkait protokol tindakan karantina pemasukan dan pengeluaran produk pangan dan pertanian ke dua negara tersebut.

Kasus merebaknya flu burung pada tahun 2003 menjadi pelajaran yang berharga. Selama Indonesia belum bisa mengendalikan virus flu burung, selama itu pula Indonesia akan terkekang dari ekonomi dagang unggas. Pasalnya, sejak memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Indonesia belum bisa mengekspor hasil unggas karena belum dinyatakan bebas dari penyebaran virus tersebut.

Sejak tahun 2016, Kementerian Pertanian mencatat keberhasilan mendorong ekspor telur ayam tetas ke Myanmar sebesar 450,128 ton, ekspor sarang walet sebesar 19,39 ton dengan nilai USD 7,5 miliar telah masuk ke Tiongkok. Begitu pula ekspor ayam beku asal Indonesia telah mendapat persetujuan khususnya untuk standar Sanitary and Phytosanitary (SPS) dari negara Jepang dan Korea Selatan. Pemerintah berharap keberhasilan ekspor ke Papua Nugini akan membawa dampak positif untuk rencana ekspor selanjutnya ke Jepang dan Korea Selatan.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/54778/flu-burung-terkendali-papua-nugini-terima-produk-olahan-ayam-asal-indonesia#ixzz4bGf0Krnk

Most Popular

Recent Comments