Tuesday, July 27, 2021
Home INSPIRASI Gaji Kecil? Jangan Sedih, Lakukan Ini Untuk Atur Keuangan

Gaji Kecil? Jangan Sedih, Lakukan Ini Untuk Atur Keuangan

Besar kecilnya gaji memang relatif bagi setiap orang. Jika Anda adalah salah satu yang merasa memiliki gaji kecil janganlah risau.

Seseorang dengan gaji kecil memang harus lebih serius dalam mengatur keuangan agar tak keteteran saat tanggal tua. Namun, bukan berarti tak ada solusi untuk masalah tersebut.

Jika Anda pintar dalam mengatur keuangan, dengan gaji kecil bahkan masih bisa digunakan untuk investasi dan tentunya dijadikan tabungan.

Bagi pemula terutama, mengatur keuangan dengan gaji kecil cukup sulit dilakukan, untuk itu simak tips berikut ini agar lebih mudah mengatur keuangan Anda:

1. Niat dan Tekad

Sebelum Anda mengubah cara mengatur keuangan, sebaiknya tanamkan niat dan tekad dalam diri bahwa Anda harus bisa mengatur keuangan Anda dengan lebih baik untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan. Kalau niat sudah tertanam, akan terasa lebih mudah mengatur keuangan.

2. Buat Rencana Pengeluaran

Saat akhir bulan atau beberapa hari sebelum gajian, buatlah daftar rencana pengeluaran untuk bulan depan. Walaupun cara ini terdengar klise, namun cara ini cukup ampuh dalam mengatur keuangan, agar Anda bisa mengetahui sejauh mana pengeluaran Anda bulan depan sehingga bisa mencegah keborosan.

Jangan lupa, pastikan catat nominal yang akan Anda ambil untuk investasi dan ditabung pada daftar rencana pengeluaranmu juga.

3. Sisihkan di Awal

Setelah menerima gaji setiap bulannya, ambil gaji yang sudah Anda buat nominalnya pada daftar rencana pengeluaran. Sisihkan di awal ini lebih efektif dibandingkan Anda menanbung di akhir karena pasti sudah habis untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda.

4. Hindari Credit Card

Hal ini disarankan karena kartu kredit mempunyai biaya-biaya tambahan bila Anda tidak tepat membayar. Kalau Anda terbiasa hidup sederhana kartu kredit tidaklah dibutuhkan.

5. Hindari Berfoya-Foya

Jalan-jalan ke tempat wisata, nongkrong di cafe, nonton bioskop atau belanja ke mal bila dilakukan sesekali tidak jadi masalah karena kita juga butuh refreshing. Namun, jika kita melakukannya setiap saat itu namanya pemborosan. Anda harus tahu di mana batasan boleh berfoya-foya seperti di atas.

6. Disiplin

Disiplin adalah kunci sukses dari suatu niat. Jika Anda sudah berniat mengatur keuangan dengan lebih baik, pastikan Anda harus disiplin mematuhi aturan dan rencana pengeluaran yang telah dibuat.

7. Bersyukur

Jika kita terbiasa untuk selalu bersyukur, gaji berapa pun yang kita terima sangatlah cukup. Anda harus mengingat bahwa masih banyak orang di luar sana yang jadi pengangguran.

Denganbersyukur, akan membiasakan kita hidup sederhana dan tentunyajauhdariperilakuboros.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

 

Sumber : Gaji Kecil? Jangan Sedih, Lakukan Ini Untuk Atur Keuangan
Gaji Kecil? Jangan Sedih, Lakukan Ini Untuk Atur Keuangan
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments