Gelar Operasi Simpatik, Satlantas Jaktim Bagikan Helm Gratis

0
612

Jakarta – Bagi-bagi helm gratis saat Operasi Simpatik Jaya 2017 juga dilakukan Satuan Wilayah Lalu Lintas (Satwil Lantas) Polres Jakarta Timur. Pembagian helm ini menjadi simbol pengingat keselamatan para pengendara motor.

Pantauan detikcom sejak pukul 08.30 WIB di depan Mall Bassura, Jl Basuki Rahmat, Jakarta Timur, Rabu (15/3/2017), puluhan petugas polisi lalu lintas (polantas) Polres Jakarta Timur menghentikan beberapa pengendara yang melintas dan memberikan teguran kepada pengendara yang kedapatan melanggar. Operasi Simpatik Jaya 2017 ini dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Jaktim AKBP Sutimin.

“Saya mengimbau kepada pengendara roda dua dan roda empat agar melengkapi surat-surat berkendara serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan tetap menjaga keselamatan,” kata petugas melalui pengeras suara.

Pengendara motor yang tidak menggunakan helm ditegur polantas Polres Jakarta TimurPengendara motor yang tidak menggunakan helm ditegur polantas Polres Jakarta Timur Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom

Salah seorang pengendara, Dwi Astuti, yang kedapatan tidak memakai helm pun ditegur petugas. Saat ditegur petugas Dwi hanya tersenyum, dia kemudian diberi helm dan masker gratis.

“Kalau nggak pakai helm bahaya kalau kecelakaan. Nanti pakai helm ya, ini saya kasih helm untuk melindungi kepala,” ucap Sutimin sambil memasangkan helm.

Selain memberikan helm dan masker, polantas membagikan stiker ‘jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas’. Sutimin mengatakan pembagian helm gratis tersebut guna mengingatkan pengendara roda dua pentingnya mengunakan helm. Menurutnya banyak korban kecelakan yang disebab pengendara roda dua tidak memakai helm.

“Karena kecelakaan banyak yang melibatkan roda dua, yang fatalitas korban jiwa salah satunya tidak menggunakan helm,” pungkas dia.