Monday, January 17, 2022
Home Nasional Laporan Khusus Gempa 5 SR guncang Kabupaten Ngada, tidak berpotensi tsunami

Gempa 5 SR guncang Kabupaten Ngada, tidak berpotensi tsunami

Wilayah Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 5,3 Skala Richter.

Hasil analisis update BMKG menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,14 Lintang Selatan dan 121,26 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 50 Kilometer arah tenggara Kota Bajawa, dengan kedalaman 88 Kilometer.

Focaster BMKG El Tari Kupang, Tyastama menjelaskan, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis menengah, akibat aktivitas subduksi lempeng samudera Hindia terhadap lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa, gempa bumi di wilayah Laut Sawu ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan oblique naik (Oblique Thrust),” ujarnya, Jumat (27/7).

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Waingapu dengan intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut, serta hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 05.08, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbau Tyastama.¬†[rhm]

 

 

Sumber : Merdeka.com

Most Popular

Recent Comments