Monday, August 2, 2021
Home Nasional Generasi Muda Indonesia Banyak Tidak Kenal Pancasila

Generasi Muda Indonesia Banyak Tidak Kenal Pancasila

Ketum PP PMKRI periode 2013-2015, Lidya Natalia Sartono, mengaku sedih karena banyak generasi muda Indonesia yang belum mengenal hakikat dan makna dari Pancasila. Namun demikian, dirinya optimis ke depan, Pancasila mampu mempererat persatuan dalam ideologi berbangsa.

“Masih ada kaum muda yang belum tahu tentang Pancasila dan tanggal lahirnya. Ternyata masih ada adik-adik kita yang belum mengerti tentang Pancasila,” ungkap Sekretaris Jendral Vox Point Indonesia ini mengeluhkan kepada Jitunews.com di sela-sela diskusi ‘Orang Muda Bicara Pancasila’, di Sekretariat Yayasan Komunikasi Indonesia, Jl. Matraman No 10, Jakarta Timur, Selasa (6/6).

Direktur NCB ini kembali mengeluhkan, bahwa kondisi masyarakat kita sekarang ini mudah diganggu dengan intoleransi serta korupsi. Oleh karena itu, Lidya menyarankan, janganlah melihat perbedaan yang ada tapi kita harus menjaga kemajemukan serta keberagaman di tanah air.

“Kita yang sudah optimis dengan Pancasila harus menjaganya dengan baik. Pancasila yang dibuat oleh para pendiri bangsa ini sudah final,” tegasnya.

“Buat kita orang muda adalah dengan perbedaan lahiriah kita bisa bersatu dan berkumpul dalam musyawarah mufakat,” tambahnya.

Di tempat dan kesempatan yang sama, Ketum PP HIKMAHBUDHI periode 2014-2016, Suparjo, mengatakan bahwa Pancasila harus dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila sebagai pencerahan harus diajarkan pengamalannya.

Tenaga Ahli DPR RI ini berharap Pancasila kembali dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan. Tujuannya, agar sejak kecil generasi muda sudah tertancap nilai-nilai luhur Pancasila.

“Ke depan kita harus optimis. Pancasila harus diajarkan serta disebarkan. Tak hanya di kepala kita, tapi Pancasila harus dipraktekkan,” tandasnya.

Diberitakan Sebelumnya, para tokoh muda yang menjadi pembicara dalam acara yang dihelat oleh Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) tersebut antara lain, Addin Jauharudin (Komisaris PT. Garam, Ketum PB PMII 2011-2014); Noer Fajriansyah (Direktur PT. PPI, Ketum PB HMI 2010-2012); Tweedy Noviadi (Dosen UBK, Tenaga Ahli DPR RI, Ketum PP GMNI 2011­2015), dan I Made Bawa Yasa (Koordinator Nasional Tim Sapu Bersih Lahan Tidur Kementrian Pertanian RI, Presidium Pusat KMHDI 2012-2014)

Selain itu juga ada Lidya Natalia Sartono (Sekretaris Jendral Vox Point Indonesia, Direktur NCBI, Ketum PP PMKRI 2013-2015); Ayub Manuel Pongrekun (Ketua Bidang Antar Lembaga dan Pemerintahan DPP Taruna Merah Putih, Ketum PP GMKI 2014-2016); Andriyana (Ketum PP KAMMI 2013-2015); dan Suparjo (Tenaga Ahli DPR RI, Ketum PP HIKMAHBUDHI 2014-2­016).

 

Sumber : Generasi Muda Indonesia Banyak Tidak Kenal Pancasila
Generasi Muda Indonesia Banyak Tidak Kenal Pancasila
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments