Wednesday, August 4, 2021
Home DIMENSI 'Generasi Saksi Sejarah' itu Akan Segera Hilang, Siapakah Mereka?

‘Generasi Saksi Sejarah’ itu Akan Segera Hilang, Siapakah Mereka?

Dari sekian banyak generasi yang muncul sejak Kemerdekaan Indonesia tahun 1945, ada satu generasi yang terbilang mempunyai peranan paling besar dalam menegakkan bangsa dan negara.

Generasi itu adalah generasi yang lahir sebelum tahun 1940. Mengapa? Karena orang yang lahir pada masa tersebut memiliki andil besar dalam perjuangan dan membela NKRI di masa awal kemerdekaan yang sangat berat.

Sebut saja Bung Karno (1901) yang merupakan sang proklamator, Soeharto (1921) presiden ke-2 RI sekaligus pemimpin operasi mandala, hingga BJ Habibie (1936) yang menjabat menteri di era orde baru sekaligus presiden RI ke-3 di awal masa reformasi.

Selain memiliki banyak peran fundamental, generasi yang lahir sebelum tahun 1940 saat ini terasa penting karena mereka-lah yang mengalami seluruh perjalanan sejarah Indonesia hingga saat ini.

Generasi tersebut mengalami masa pendudukan Belanda hingga tahun 1940-an. Disusul ganasnya kekejaman Jepang hingga tahun 1945.

Mereka jugalah yang merasakan sorak sorai kemerdekaan dan beratnya mempertahankan perjuangan tersebut. Saat ini jika masih hidup, mereka telah mengalami masa 7 presiden RI mulai dari Bung Karno hingga Jokowi.

Seandainya masih hidup, tentu saja generasi tersebut sudah sangat tua (di atas 80 tahun) dan bakal tutup usia tak lama lagi.

Di antara tokoh-tokoh nasional sendiri, yang masih tersisa adalah BJ Habibie (82), Try Sutrisno (83), Syafii Maarif (83), dan beberapa tokoh lain.

 

Sumber : ‘Generasi Saksi Sejarah’ itu Akan Segera Hilang, Siapakah Mereka?
‘Generasi Saksi Sejarah’ itu Akan Segera Hilang, Siapakah Mereka?
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments