Wednesday, July 28, 2021
Home Nasional Gerindra Duga Penguasa Jadi Dalang di Balik Hilangnya Foto Amien Rais

Gerindra Duga Penguasa Jadi Dalang di Balik Hilangnya Foto Amien Rais

Baru-baru ini terjadi penghapusan foto oleh Instagram yang diunggah Amien Rais saat ia dan Prabowo Subianto bertemu Habib Rizieq Syihab di Mekkah. Hal itu kini berbuntut panjang.

Partai Gerindra bahkan menilai ‘penguasa’ ada di balik penghapusan foto ini.

“Ada indikasi bahwa foto ini bikin ‘panik’ penguasa, sehingga patut diduga ‘penguasa’ ikut serta dalam kasus ini,” ujar anggota badan komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade dilansir dari detik.com, Selasa (5/6).

Andre menilai hal ini harus menjadi perhatian publik. Sebab menurutnya ada indikasi seseorang atau sekelompok orang membuat algoritma pendeteksi wajah untuk Habib Rizieq. Sehingga jika ada foto yang diunggah dengan menampilkan Rizieq akan hilang dari Instagram.

“Ini tentu harus jadi perhatian bagi publik karena ini tahun politik. Apalagi ada indikasi bahwa ini ada yang membuat algoritma face detect untuk HRS. Bukan akibat banyak laporan masyarakat ke IG,” ujar Andre.

Foto yang mendadak hilang itu sebelumnya ada di akun Instagram @amienraisofficial. Amien Rais bahkan memposting hingga tiga kali foto saat bertemu Habib Rizieq Syihab dan Prabowo ketika umrah itu. Namun pada Senin (4/6), foto yang diunggah Amien ketiga kalinya pun tak ada lagi.

Kecewa, admin Instagram @amienraisofficial mengecam tindakan penghapusan foto-foto tersebut. Admin menyebut hal itu menjadi bukti kebebasan berekspresi yang dicederai.

Dilansir dari detik.com, pihak Instagram membenarkan postingan foto di akun itu hilang. Tapi itu bukan kesengajaan dari pihak Instagram melainkan adanya laporan pengguna.

“Lagi dicek kenapa di-take down. Kemungkinan ini berdasarkan laporan pengguna,” ujar perwakilan Instagram, Senin siang (4/6).

Sumber : Gerindra Duga Penguasa Jadi Dalang di Balik Hilangnya Foto Amien Rais
Gerindra Duga Penguasa Jadi Dalang di Balik Hilangnya Foto Amien Rais
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments