Saturday, October 16, 2021
Home Nasional Golkar Oke Dana Parpol Naik, Tapi Pengurus Partai Wajib Lakukan Hal Ini

Golkar Oke Dana Parpol Naik, Tapi Pengurus Partai Wajib Lakukan Hal Ini

Partai Golkar tidak keberatan seandainya dana untuk partai politik naik dari Rp 108 per suara menjadi Rp 1.000 per suara seperti dilontarkan pemerintah. Meski setuju, ada syarat yang harus dilakukan oleh para pengurus partai. Apakah itu?

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengusulkan adanya kenaikan dana untuk partai politik dari Rp 108 per suara menjadi Rp 1.000 per suara. Tjahjo beralasan dana untuk parpol belum pernah naik selama 20 tahun terakhir.

“Nominal bantuan untuk jumlah suara yang tiap-tiap parpol peroleh pada setiap pemilu sudah 20 tahun hanya sebesar Rp 108, padahal tahun 1999 sudah pernah Rp 1.000. Sekarang kita berupaya mengusulkan Rp 1.000,” ujar Tjahjo di Kemendagri, Senin (4/7) seperti dilansir Antara.

Melihat wacana tersebut, Ketua DPP Partai Golkar, Zainudin Amali, merespon positif usulan Mendagri itu. Hanya saja, sebelum benar-benar diberlakukan, politisi Partai Golkar itu menginginkan seluruh pengurus parpol wajib melaporkan harta kekayaannya.

“Saya kasih satu tambahan, kepada pengurus partai sampai level tertentu, karena dia sebagai pengguna anggaran, maka dia harus melaporkan harta kekayaannya,” demikian ungkapnya di Gedung MPR DPR, Jakarta, Rabu (5/7).

Syarat melaporkan kekayaan bagi pengurus parpol dimaksudkan Amali agar pengurus disiplin dan transparan dalam menggunakan dana parpol. Menurut dia, kebijakan ini nantinya harus berbentuk Peraturan Pemerintah atau PP sehingga bersifat mengikat.

“Ya, aturannya harus ada di dalam peraturan pemerintah atau PP atau turunannya. Itu perlu, supaya pengurus parpol disiplin menggunakan keuangan ini, karena diambil dari APBN,” katanya.

Tidak hanya wajib melaporkan harta kekayaan, tetapi juga harus ada pihak yang melakukan pengawasan terhadap dana parpol tersebut yang bersumber dari APBN.

“Soal usulan itu kami menyambut baik, tetapi karena menggunakan dana APBN, maka tidak hanya pada pengucuran dana, tetapi pengawasannya juga harus lebih ketat,” pungkasnya.

 

Sumber : Golkar Oke Dana Parpol Naik, Tapi Pengurus Partai Wajib Lakukan Hal Ini
Golkar Oke Dana Parpol Naik, Tapi Pengurus Partai Wajib Lakukan Hal Ini
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments