Wednesday, July 28, 2021
Home Jitu News Google Upayakan Pencegahan Berita Hoax

Google Upayakan Pencegahan Berita Hoax

Perusahaan internet terbesar di dunia, Google, berupaya keras untuk memerangi berita hoax yang selama ini beredar di masyarakat, Selasa (11/4).

Cara yang dilakukan oleh perusahaan ini adalah memberikan tanda pada berita yang muncul. Berita yang muncul akan ditandai dengan palsu atau benar supaya masyarakat dengan jelas mengetahui mana yang benar dan tidak.

Para pengguna juga dapat berkontribusi dalam fact checking yang akan dilakukan oleh pihak ketiga dalam memberikan tanda ceklist dalam berita yang dimuat, apakah berita yang dikonsumsi benar atau tidak.

 

Hingga saat ini, belum semua laman terpasang tanda benar atau palsu karena pihak ketiga masih melakukan fact tracking. Pihak Google dalam laman resminya menulis hal ini dapat membantu pengguna untuk mengenali mana yang betul-betul fakta.

“Meskipun mungkin ada kesimpulan berbeda yang disajikan, kami berpikir hal ini masih cukup membantu para pengguna untuk lebih memahami berbagai tingkatan dari sebuah klaim tertentu, dan ada informasi yang jelas dari sumber,” tulis Google di laman resminya.

@jitunews http://jitunews.com/read/56663/google-upayakan-pencegahan-berita-hoax#ixzz4e130kQub

Most Popular

Recent Comments