Saturday, October 16, 2021
Home Nasional Gunadarma buka pendaftaran kuliah informal ekonomi syariah

Gunadarma buka pendaftaran kuliah informal ekonomi syariah

Sehubungan dengan berkembangnya sistem ekonomi syariah baik di Indonesia maupun di dunia, permintaan terhadap tenaga-tenaga ahli di bidang itu pun semakin tinggi. Guna mewujudkan partisipasi aktif dalam pembangunan nasional Universitas Gunadarma pun membuka Fakultas Ekonomi Syariah.

Panitia Kuliah Informal Ekonomi Syariah atau Sharia Economic Forum Universitas Gunadarma 2017 Ndalu Girindhana mengatakan, tujuan membuka pendaftaran kuliah informal Ekonomi Syariah yang akan digelar pada tanggal 10-15 Juli 2017.

“Syariah Economic Forum ini untuk mengenalkan ekonomi syariah kepada mahasiswa-mahasiswi Universitas Gunadarma yang akan digelar pada tanggal 10-15 Juli,” kata Ndalu di Kampus E Universitas Gunadarma di Kelapa Dua, Depok Jawa Barat, Senin (12/6).

‎Ekonomi syariah atau Sharia Economic, kata Ndalu, pada dasarnya belajar ekonomi dengan dilandasi dan disesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah.

“Ekonomi itu sendiri maksudnya aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhannya, jadi dalam ilmu ekonomi, kita mempelajari teori-teori ekonomi secara mikro maupun makro. Kita jadi biasa berpikir logis dalam mengambil keputusan yang terbaik dalam memenuhi kebutuhan sebagai individu, perusahaan, maupun pemerintah nantinya,” ucap dia.

Dengan demikian, kata dia untuk kelas intensif pihak Gunadarma juga menghadirkan para pemberi materi di bidang masing-masing terkait ekonomi syariah.

“Kelas intensif memang kita desain kita rancang di kelas, dan pemberi materi juga orang-orang yang berkompeten di bidang masing-masing, seperti dari bank, atau lembaga keuangan Islam itu kita langsung datangkan pakarnya. Ekonomi Islam sendiri kita juga memanggil pakarnya,” ujarnya.

Ndalu juga berharap dengan adanya Fakultas Ekonomi Syariah di Universitas Gunadarma ini bisa mengetahui manfaatnya tentang ekonomi dan sangat berpotensi.‎

“Ekonomi syariah ini yang kenal bukan hanya Gunadarma saja, dan anak Gunadarma tahu tentang ekonomi syariah dan tahu manfaat tentang ekonomi syariah sendiri, bagaimana prospek ke depannya, ekonomi syariah ini kalau diterapkan di Indonesia sangat potensi sekali jadi harapannya bisa di terapkan di Gunadarma dan di Indonesia sendiri,” imbuhnya.

Adapun jadwal kuliah Informal Ekonomi Syariah 2017 di Universitas Gunadarma:

Senin 10 Juli 2017 pukul 08.30-12.00 WIB‎ Pengantar Ekonomi Islam, pemateri Ahmad Mikail M.Ec Dosen FEB Universitas Indonesia.
Pasar Modal Syariah pukul 13.00-16.00 WIB, pemateri Irwan Abdalloh S.E.MM kepala pengembangan pasar modal syariah BEI.
Selasa 11 Juli 2017: Fiqh Muamalah pukul 08.30-12.00 WIB, pemateri Dr.Ust. Erwandi Tarmizi penulis buku harta haram mualat kontemporer.
Fiqh Riba pukul 13.00-16.00 WIB, pemateri Dr.Ust. Erwandi Tarmizi, penulis buku harta haram muamalat kontemporer.
Rabu 12 Juli 2017, Filantropi Islam (Ziswaf) sekitar pukul 08-30 WIB-12.00 WIB, pemateri DR.IRfan Syauqi Beik, Direktur Puskas Baznas.
Bank dan Lembaga Keuangan Islam 13.00- 16.00 WIB, pemateri Dr.IR. Imam Teguh Saptono Praktisi Ekonomi Syariah.
Kamis 13 Juli 2017, Company visit pukul 08.30-12.00 WIB, Grha Unilever dan PT Anabatic Technologies Tbk.
Jumat 14 Juli 2017, test akhir pukul 08.30- 12.00 WIB.
Sabtu 15 Juli 2017, sekolah pasar modal syariah (SPMS) sekitar pukul 08.30 WIB-12.00 WIB, The Best Choice to be Islamic Investor in Sharia capital market for sustainable.

 

 

Referensi : https://www.merdeka.com/pendidikan/gunadarma-buka-pendaftaran-kuliah-informal-ekonomi-syariah.html

Most Popular

Recent Comments