Saturday, September 25, 2021
Home Nasional H-7 Lewat THR Belum Cair, Laporkan Perusahaan Anda ke Nomor Berikut

H-7 Lewat THR Belum Cair, Laporkan Perusahaan Anda ke Nomor Berikut

Ramadhan tak terasa telah terlewat 12 hari, itu artinya hari kemanangan atau Idul Fitri kian mendekat. Maka, itu artinya setiap perusahaan harus segera mempersiapkan tunjangan untuk para karyawannya yang bertajuk Tunjangan Hari raya (THR).

Terkait hal tersebut, Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) meminta kepada masyarakat untuk aktif mengawasi kebijakan perusahaan tentang pencairan THR. Tak tanggung-tanggung, publik diminta untuk berani melapor jika ditemukan kejadian adanya THR yang belum dibayarkan melewati H-7 lebaran.

Seperti yang tertulis dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja atau Buruh di Perusahaan pembayaran THR dilakukan paling lambat H-7 Lebaran.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Ketenagakerjaan Kemenaker Haiyani Rumondang menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan nomor pengaduan atau pun email yang bisa digunakan pekerja atau buruh utnuk melaporkan perusahaan yang belum membayar THR. Nomor tersebut adalah 0812 8087 9888 atau 0812 8240 7919 dan email poskothrkemnaker@gmail.com.

Tak hanya menyiapkan hal tersebut, Kemenaker juga akan membuka Posko Peduli Lebaran 2017 mulai 8 Juni hingga 5 Juli 2017. Yang mana posko tersebut nantinya berfungsi sebagai pusat informasi dan pengaduan terkait THR.

“Kita juga meminta agar Posko Peduli Lebaran 2017 juga akan dibentuk di masing-masing provinsi, kabupaten/kota untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pembayaran THR,” demikian kata Haiyani saat jumpa media di Kantor Kemenaker, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (6/6).

Meski demikian, Haiyani menginginkan jika terjadi hal yang tak segaris dengan Permenaker nomor 6 Tahun 2016 tentang pembayaran THR, permasalahan agar diselesaikan secara arif antara pekerja dengan perusahaan. Adanya Posko Peduli Lebaran 2017 dan layanan pengaduan via nomor telepon berfungsi untuk penyelesaian akhir bila tidak ada titik temu antara pekerja atau buruh dengan perusahaan.

“Tidak hanya menjadi sarana untuk pekerja atau buruh untuk mengadukan permasalahan THR, tapi juga menjadi rujukan perusahaan untuk mencari informasi dan berkonsultasi terkait pembayaran THR berdasarkan Permenaker terbaru,” kata Haiyani.

 

Sumber : H-7 Lewat THR Belum Cair, Laporkan Perusahaan Anda ke Nomor Berikut
H-7 Lewat THR Belum Cair, Laporkan Perusahaan Anda ke Nomor Berikut
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments