Sunday, May 29, 2022
Home Nasional Habib Novel Minta Polisi Tangkap Peserta Seminar di LBH Semalam

Habib Novel Minta Polisi Tangkap Peserta Seminar di LBH Semalam

Habib Novel Bamukmin menegaskan bahwa seharusnya kepolisian membubarkan diskusi akademis tentang ‘Pengungkapan Kebenaran Sejarah 1965/66’ yang diselenggarakan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Minggu malam (17/9), sebelum masyarakat yang melakukan pembubaran paksa.

“Wajib untuk polisi membubarkan acara seminar PKI yang digelar oleh LBH itu,” ujarnya kepada Jitunews.com, Senin (18/9).

Novel menilai bahwa seminar yang digelar oleh YLBHI itu telah melanggar Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), oleh karena itu kepolisian harus menangkap seluruh peserta seminar tersebut.

“KUHP pasal 107 a larangan penyebaran paham komunis dengan sanksi penjara 12 tahun, Pasal 107 b larangan pendirian ormas komunis dengan sangsi penjara 12 tahun dan pasal 107 c,d dan e apalagi terjadi kerusuhan dari paham komunis maka sangsi penjara 20 tahun,” ujar Novel menjelaskan.

Dalam hal ini, Novel juga menyayangkan sikap kepolisian yang membubarkan paksa massa aksi di depan Gedung LBH dengan menggunakan tembakan gas air mata.

“Polisi harus bertanggung jawab atas mereka yang terluka karena polisi diduga membiarkan seminar PKI berlangsung,” pungkasnya.

Seperti diketahui, personel kepolisian memukul mundur massa aksi di depan Gedung LBH Jakarta, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin dini hari (18/9).

Massa yang tak percaya dengan keterangan pihak kepolisian bahwa di Kantor LBH Jakarta tidak ada kegiatan yang terkait PKI, melemparkan batu ke arah petugas. Situasi yang sudah tak terkendali itu pun membuat petugas kepolisian menembakkan gas air mata.

 

Sumber : Habib Novel Minta Polisi Tangkap Peserta Seminar di LBH Semalam
Habib Novel Minta Polisi Tangkap Peserta Seminar di LBH Semalam
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments