Thursday, September 16, 2021
Home Jitu News Habiburokhman di Gedung MK: Heboh Ada Pemuda Mirip Brad Pitt Daftar JR...

Habiburokhman di Gedung MK: Heboh Ada Pemuda Mirip Brad Pitt Daftar JR UU Pemilu

Sejumlah anggota yang tergabung dalam Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) mendampingi politisi Gerindra, Habiburokhman, melayangkan uji materi (judicial review) Undang-Undang (UU) tentang  Penyelenggaraan Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK) hanya berselang beberapa hari setelah UU tersebut disahkan.

Sebelumnya, keinginan Habiburokhman mengajukan uji materi tersebut telah berulang kali disampaikannya hingga akhirnya hari ini, Senin, tanggal 24 Juli 2017, pihaknya resmi melangkah ke gedung MK.

“Heboh ada pemuda mirip Brad Pitt daftar JR UU Pemilu ke MK,” kata Habiburokhman melalui akun Twitternya, Senin (24/7). Tidak lupa ia menyematkan fotonya ketika berada di gedung MK.

Gugatan uji materi yang dilayangkan Habiburokhman didampingi ACTA tersebut dibuat atas nama perorangan yakni Habiburokhman sendiri.

“Gugatan atas nama saya sendiri (Habiburokhman), dengan status sebagai warga negara Indonesia,” ujarnya di Gedung MK, Senin (24/7) siang.

Uji materi sendiri akan fokus pada Pasal 222 dalam UU tersebut yang menyebut soal batasan pencalonan presiden dan wakil presiden dengan ambang 20 persen dan jumlah kursi di legislatif 25 persen suara sah nasional.

Politisi Partai Gerindra tersebut menilai bahwa ketentuan ambang batas tersebut berpotensi membuat presiden ‘tersandera’ oleh sejumlah kelompok elite tertentu.

“Kami khawatir Presiden nanti seolah tersandera oleh partai yang mengusulkan beliau sebagai calon presiden nanti,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa kemungkinan yang disebut tidak sesuai konstitusi tersebut bisa saja membuat dirinya dirugikan sebagai seorang warga negara.

“Kalau negara hancur, saya juga akan kena dampaknya,” katanya lagi.

UU Pemilu baru disahkan oleh DPR pada hari Jumat dini hari tanggal 21 Juli 2017 dan belum ditandatangani Presiden serta belum pula dimasukkan Lembar Negara (LN) sehingga belum diberikan nomor. Habiburokhman tidak terlalu ambil pusing. Ia mengaku tidak ingin membuang waktu hanya untuk menunggu nomor tersebut.

“Secara administrasi belum ada LN. Tapi secara prinsip konten pasal itu enggak berubah. Kita tak ingin buang waktu. Jadi daftar dulu. Kalau ada perbaikan nanti permohonan kita masukkan nomornya,” tambahnya.

 

 

Sumber : Habiburokhman di Gedung MK: Heboh Ada Pemuda Mirip Brad Pitt Daftar JR UU Pemilu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments