Sunday, November 28, 2021
Home Nasional Habiburokhman Sudah Gugat UU Pemilu Meski Belum Bernomor, Yusril Pilih Menunggu

Habiburokhman Sudah Gugat UU Pemilu Meski Belum Bernomor, Yusril Pilih Menunggu

Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra, tidak ingin ketinggalan mengajukan uji materi terhadap Undang-Undang (UU) Pemilu yang baru saja disahkan DPR pada hari Jumat, tanggal 21 Juli 2017 lalu.

Jika sebelumnya politisi partai Gerindra, Habiburokhman, telah menyampaikan gugatan uji materinya ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari Senin, tanggal 24 Juli 2017, Yusril lebih memilih menunggu hingga UU tersebut ditandatangani Presiden Jokowi dan terdaftar sebagai Lembar Negara (LN).

“Kalau pengesahan RUU ini selesai pekan depan, maka pekan depan ini juga pendaftaran permohonannya saya lakukan,” kata Yusril dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/7).

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa dirinya memiliki legal standing untuk mengajukan uji materi (judicial review) tersebut. Pasalnya, ia mengaku bahwa Partai Bulan Bintang (PBB) telah siap mengusungnya sebagai calon presiden di perhelatan Pilpres 2019 mendatang.

Inshaallah saya mempunyai legal standing untuk mengajukan permohonan pengujian undang-undang, karena partai saya PBB telah memutuskan untuk mendukung saya maju ke pencalonan presiden tahun 2019 nanti,” ujarnya.

Akan tetapi, rencana tersebut terkendala oleh ambang batas pencalonan (presidential threshold) 20 persen yang sedang menjadi polemik saat ini. Yusril juga menyebut bahwa ambang batas tersebut memang sengaja didesain untuk memunculkan calon tunggal.

 

 

Sumber : Habiburokhman Sudah Gugat UU Pemilu Meski Belum Bernomor, Yusril Pilih Menunggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments