Saturday, October 16, 2021
Home Nasional Hadapi Kecurangan Pilkada DKI, ACTA Bentuk Tim Reaksi Cepat

Hadapi Kecurangan Pilkada DKI, ACTA Bentuk Tim Reaksi Cepat

Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan di Pilkada DKI Jakarta putaran kedua nanti, yang akan berlangsung pada Rabu 19 April 2017.

Ketua pengarah tim reaksi cepat ACTA, Hisar Tambunan, mengatakan, belajar dari putaran pertama Pilgub DKI Jakarta 15 Februari 2017 lalu ada dua tipe kecurangan yang harus diantisipasi, yakni mobilisasi pemilih dan politik uang.

“Untuk itu dirasa perlu adanya Tim Advokasi Reaksi Cepat untuk mendukung kerja kerja saksi terutama jika terjadi insiden. Tim Advokasi harus terdiri dari advokat-advokat yang loyal, militan, berani, terlatih dan memiliki kemampuan dan pengetahuan luas soal advokasi Pilkada,” beber Hisar di Hotel Ibis, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/3).

 

Tim Reaksi Cepat ACTA, kata Hisar, merupakan bantuan partisipasi masyarakat dalam pengawasan setiap tahapan Pilgub. Dasar hukum Tim Reaksi Cepat ACTA ini sendiri, kata Hisar, adalah Pasal 131 UU Pilkada.

“Tim Reaksi Cepat ACTA bekerja dengan sukarela dan bukan bagian resmi dari Tim Pemenangan Pasangan Calon, namun dalam aktivitasnya di tingkat TPS dan kelurahan akan berkoordinasi dengan Tim Pasangan Calon,” terangnya.

Hisar melanjutkan, ACTA mendeklarasikan tim sendiri agar dapat menyelesaikan kasus di tempat berlangsungnya pemungutan suara. Setidaknya, tiap kecamatan ada satu advokat yang bertanggung-jawab. Namun, agar kerja-kerja lebih efektif, beberapa advokat digabungkan dalam satu pos yang meng-handle beberapa kecamatan yang berdekatan.

“Dengan demikian begitu ada insiden, dalam waktu paling lama 30 menit sudah ada Tim Reaksi Cepat ACTA yang hadir di lokasi. Dengan kehadiran Tim Reaksi Cepat ACTA maka saksi dan relawan di TPS akan bertambah kepercayaan diri untuk memastikan aturan ditegakkan sebagaimana mestinya,” kata dia.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/54545/hadapi-kecurangan-pilkada-dki-acta-bentuk-tim-reaksi-cepat#ixzz4anxZiOVn

Most Popular

Recent Comments