Wednesday, October 27, 2021
Home DIMENSI Hal yang Tidak Diketahui Banyak Orang tentang Kartini

Hal yang Tidak Diketahui Banyak Orang tentang Kartini

Bulan April identik dengan peringatan Hari Kartini, tokoh emansipasi wanita Indonesia. Namun di balik keagungan nama Kartini, ada hal-hal yang selama ini belum terungkap luas di masyarakat — termasuk tentang kegetiran yang dialaminya bukan sekadar menjadi istri dalam perkawinan poiligami.

Bila melihat foto Kartini kesannya kental ia wanita bangsawan yang anggun, halus gerak-geriknya. Padahal bukan. Kartini dilahirkan oleh Ngasirah yang bukan wanita bangsawan. Kartini harus tunduk pada perintah adat untuk diasuh oleh ibu tiri yang berasal dari keluarga bangsawan. Gejolak hatinya bergemuruh ketika tidak boleh memanggil ibu kandungnya dengan sebutan ”ibu.”

Meskipun sehari-hari Kartini mengenakan kain dan kebaya, namun sosok Kartini bukanlah wanita anggun semata. Ia bahkan tomboi, bergaul dengan berbagai kalangan. Meskipun Kartini dipingit, tetapi Kartini mampu membuat pameran ukir Jepara yang dikagumi oleh pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Dari pameran ukir itu lah bermula perekonomian rakyat Jepara mampu digerakkan.

Banyak orang bangga memiliki gelar kebangsawanan. Tetapi tidak bagi Kartini. Ia diberi gelar Raden Ajeng Kartini, tetapi justru gelar itu membuatnya merasa terkekang.

Kartini di masa hidupnya bukan hanya tokoh yang menginspirasi wanita Jepara untuk belajar membaca-tulis. Tetapi ternyata Kartini juga tokoh yang memperjuangkan dibuatkannya Kitab Suci Al-Quran yang diterjemahkan dalam bahasa Jawa, agar orang Jawa bisa cepat memahami isi Al-Quran.

Hal-hal ini terungkap dari film Kartini yang disutradarai Hanung Bramantyo, yang akan mulai tayang 19 April di bioskop.

@jitunews http://jitunews.com/read/56400/hal-yang-tidak-diketahui-banyak-orang-tentang-kartini#ixzz4dXPOI0rS

Most Popular

Recent Comments