Friday, September 24, 2021
Home AKADEMISI Harap-Harap Cemas Menanti Hasil SBMPTN

Harap-Harap Cemas Menanti Hasil SBMPTN

Hari ini tampaknya menjadi hari yang menegangkan bagi para calon mahasiswa yang sedang harapharap cemas menanti pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Hasil seleksi tersebut rencananya akan diumumkan pada pukul 14.00 WIB.

Ketua Panitia Pusat SBMNPTN, Ravik Karsidi, telah menyampaikan bahwa jumlah peserta SBMPTN tahun ini adalah 797.739 orang. Angka tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 23,03 persen dari jumlah peserta tahun lalu.

Dari tujuh ratusan peserta, sebanyak 148.066 peserta dinyatakan lolos dan berhak mendapatkan kursi di 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia.

Ravik juga mengungkapkan ada sekitar 38 peserta penyandang disabilitas yang berhasil lolos seleksi. “Terdapat 38 peserta disabilitas yang diterima pada SBMPTN 2017 dari 226 peserta terdaftar. Rincian jenis peserta difabel yang diterima ialah tuna netra, tuna rungu, tuna wicara dan tuna daksa,” kata Ravik, Senin (12/6).

Pengumuman hasil SBMPTN memang membuat cemas para calon mahasiswa dan bahkan anggota keluarganya. Jika tidak lolos, peserta yang gagal masih bisa mendaftar di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang jumlahnya ribuan di seluruh Indonesia. Selain itu, calon mahasiswa juga dapat mengikuti Ujian Mandiri yang dilaksanakan sejumlah PTN.

Menristekdikti, Mohamad Nasir, turut memberi semangat kepada mereka yang nantinya tidak lolos SBMPTN. “Masih ada kesempatan untuk ikut seleksi mandiri atau mendaftar di Perguruan Tinggi Swasta,” katanya.

Hasil seleksi SBMPTN dapat diakses melalui tautan pengumuman.sbmptn.ac.id.

 

Sumber : Harap-Harap Cemas Menanti Hasil SBMPTN
Harap-Harap Cemas Menanti Hasil SBMPTN
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments