Thursday, October 21, 2021
Home Nasional Hari Film Nasional, Anang Desak Pemerintah Kongkretkan Sistem Box Office

Hari Film Nasional, Anang Desak Pemerintah Kongkretkan Sistem Box Office

Anggota Komisi X DPR RI, Anang Hermansyah, berharap, peringatan Hari Film Nasional (HFN) yang dilaksanakan pada 30 Maret akan menjadi momentum bagi pemerintah untuk membentuk sistem yang ajeg untuk kemajuan industri film nasional. Salah satunya dengan mengkonkretkan rencana sistem box office.

Menurutnya, agar peringatan Hari Film Nasional memilki arti substansial, sebaiknya pemerintah segera merealisasikan sistem box office di industri film nasional.

“Agar peringatan Hari Film Nasional tak sekadar seremoni yang tidak memiliki makna bagi perfilman Tanah Air, sebaiknya pemerintah segera mewujudkan rencana sistem box office di Indonesia. Ini sangat mendesak,” ujar Anang ini di Jakarta, Kamis (30/3).

 

Menurut suami penyanyi Ashanty itu, dengan sistem tersebut, maka akan diketahui penyebaran film di daerah-daerah, berapa penontonnya serta tren genre film apa yang sedang booming di daerah-daerah.

“Sistem box office juga bisa mengatasi permasalahan yang akut seperti soal transparansi di sektor pajak di industri film serta royalti bagi para pemain film,” cetus Anang.

Selain itu, Anang juga kembali mengingatkan pemerintah, agar serius dalam pembenahan di sektor perfilman. Dia lantas menyebutkan soal rekomendasi Panja Perfilman DPR RI, yang meminta pemerintah agar segera menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) sebagai turunan dari UU No 33 tahun 2009 tentang Perfilman.

“Pemerintah jangan menunda-nunda lagi untuk segera menerbitkan 7 PP sebagai amanat UU No 33 Tahun 2009,” ucapnya.

Dalam hal ini, Anang juga meminta agar Badan Perfilman Indonesia (BPI) melakukan sinergitas dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di bidang pemajuan perfilman di Indonesia. Dia menilai, kedua lembaga tersebut saat ini masih tampak berjalan sendiri-sendiri.

“Harusnya kedua lembaga tersebut melakukan sinergi dengan baik untuk kemajuan perfilman Indonesia,” pungkasnya.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55896/hari-film-nasional-anang-desak-pemerintah-kongkretkan-sistem-box-office#ixzz4cmX8cW00

Most Popular

Recent Comments