Friday, September 24, 2021
Home Jitu News Hari Kelima Evakuasi Longsor Ponorogo, Tim SAR Ajak Saksi Mata dan Keluarga...

Hari Kelima Evakuasi Longsor Ponorogo, Tim SAR Ajak Saksi Mata dan Keluarga Korban

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo, Sumani, mengatakan pihaknya bersama tim SAR telah meminta saksi mata dan keluarga korban untuk ikut berpartisipasi dalam proses pencarian.

“Para saksi mata atau keluarga korban yang masih hidup kita ajak berdiskusi untuk mencari keberadaan warga yang tertimbun. Mereka juga kita datangkan ke lokasi,” katanya kepada awak media, Rabu (5/4/2017).

Hingga saat ini proses pencarian dan evakuasi telah memasuki hari kelima. Sumani meyakini partisipasi saksi mata dan keluarga korban akan sangat bermanfaat. Pasalnya, kesaksian mereka yang sempat melihat korban di tempat kejadian akan menjadi panduan bagi petugas untuk melakukan penelusuran.

 

Sumani mencontohkan kejadian yang dialami seorang korban selamat. Kala itu Sogol (35) hendak menyelamatkan diri bersama ayahnya, namun malang, ayahnya tertimpa pohon yang roboh sehingga tidak dapat lari bersamanya. Menurut Sumani, kesaksian tersebut merupakan petunjuk penting bagi petugas untuk menemukan korban yang kemungkinan besar masih berada di tempat yang sama.

“Saat peristiwa itu, keduanya berusaha menyelamatkan diri bersama, tapi ayahnya kena pohon mahoni yang roboh. Kesaksian ini sangat penting karena bisa memudahkan tim SAR untuk melakukan pencarian,” ujarnya.

Bencana tanah longsor terjadi di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Ponorogo, Sabtu (1/4/2017) sekira pukul 09.30 WIB hingga menyebabkan beberapa rumah warga tertimbun tanah dan hancur. Puluhan warga yang sedang memanen jahe di lahan wilayah lereng perbukitan pun ikut menjadi korban.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/56243/hari-kelima-evakuasi-longsor-ponorogo-tim-sar-ajak-saksi-mata-dan-keluarga-korban#ixzz4dLqsh6fc

Most Popular

Recent Comments