Tuesday, July 27, 2021
Home Travel Lifestyle Hati-hati, Sering Memakai Make Up bisa Kena Gagal Ginjal

Hati-hati, Sering Memakai Make Up bisa Kena Gagal Ginjal

Bagi kaum perempuan, menggunakan make up memang menjadi suatu kebutuhan, apalagi ketika akan bepergian atau menghadiri pesta. Make up dan perempuan memang tidak bisa dipisahkan. Make up bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri karena tampak lebih cantik. Meskipun make up dapat menunjang penampilan, tetapi terlalu sering menggunakan make up juga tidak baik untuk kesehatan.

1. Pusing

Terlalu sering menggunakan cat kuku dan mewarnai rambut ternyata tidak baik. Selain bisa merusak kuku dan rambut, ternyata kandungan kimia yang berbahaya pada cat kuku dan pewarna rambut bisa membuat pusing dan sakit kepala. Hal ini karena kandungan toluena yang memiliki aroma yang sangat kuat dan khas penyebabnya, aroma ini bisa membuat pusing dan sakit kepala.

2. Pubertas tertunda

Sebaiknya remaja perempuan memang tampil natural. Karena apabila remaja belum mengalami pubertas dan sering sekali memakai make up yang mengandung bahan kimia seperti timah, bisa menimbulkan ketidakseimbangan hormon tertentu dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan pubertas menjadi tertunda.

3. Penyakit tulang

Blush on atau perona pipi biasa digunakan agar wajah terlihat lebih fresh. Blush on ternyata mengandung bahan kimia yang disebut kadium, kadium merupakan salah satu jenis logam berat yang berbahaya dan beracun. Apabila seing menggunakan blush on maka unsur kadium akan masuk ke dalam pori-pori kulit dan menyerang tulang.

4. Gagal ginjal

Selain menyebabkan penyakit tulang, penggunaan produk blush on dan bronzer yang berlebihan bisa memengaruhi fungsi ginjal. Bahan kimia yang ada dalam produk tersebut bisa masuk ke sistem tubuh dan bisa menyebabkan gagal ginjal.

5. Infertilitas

Lipstick, sun block, dan foundation mengandung bahan kimia yang berbahaya dan bisa menyebabkan infertilisasi atau ketidaksuburan untuk kaum perempuan. Hal ini karena produk tersebut menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada tubuh.

6. Penyakit endokrin

Produk kosmetik seperti krim, pelembab, conditioner rambut, dan foundation juga berbahaya bagi kesehatan. Karena produk-produk tersebut mengandung bahan kimia paraben. Paraben berfungsi sebahagi bahan pengawet kosmetik agar tetap tahan lama. Tetapi apabila sering menggunakan produk-produk yang mengandung paraben bisa memengaruhi sistem endokrin atau menyebabkan penyakit terkait kelenjar pada tubuh.

7. Kanker bibir

Lipstick atau lipbalm adalah satu satu kosmetik yang wajib digunakan agar bibir tidak kering dan tampak pucat. Tetapi, produk pemoles bibir itu mengandung bahan kimia beracun yaitu benzofenon. Selain lipstik, benzofenon juga terkandung pada sunblock. Benzofenon berfungsi melindungi kulit dari sinar UV. Tetapi, jika bahan kimia ini sering digunakan bisa mengakibatkan kanker.

 

 

@jitunews http://jitunews.com/read/56651/hati-hati-sering-memakai-make-up-bisa-kena-gagal-ginjal#ixzz4dvM8dPYn

Most Popular

Recent Comments