Friday, July 30, 2021
Home Nasional Heboh Gaji 112 Juta Megawati, Pantaskah?

Heboh Gaji 112 Juta Megawati, Pantaskah?

Baru-baru ini terungkap gaji yang diterima Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Ternyata, ia menerima gaji Rp 112 juta per bulannya. Hal itu pun menimbulkan pro kontra di kalangan masyarakat terutama pejabat dan politisi.

Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso mengatakan, pemberian gaji tersebut merupakan hak pemerintah. Namun, ia mengaku cukup kaget dengan besaran yang diterima Megawati melebihi pejabat negara.

“Hak pemerintah memberi gaji kehormatan. Tapi saya kaget melihat besarannya yang bahkan melebihi rata-rata pejabat tinggi negara lainnya,” kata Priyo dalam dilansir dari detik.com, Senin (28/5).

Kekagetan itu karena menurut Priyo, di tengah kondisi ekonomi negara yang belum membaik sepenuhnya, gaji sebesar itu tak pantas diberikan.

“Dalam situasi ekonomi yang belum sepenuhnya membaik ini tidak elok memberi gaji pejabat sebesar itu. Cepat atau lambat publik akan tahu. Saya khawatir akan timbul pertanyaan yang meluas di masyarakat atas dasar pamrih apa pemerintah memutuskan haji sebesar itu dan apakah itu tepat, adil dan patut?” jelas Mantan Wakil Ketua DPR itu.

Priyo juga membandingkan dengan Perdana Menteri Malaysia kini, Mahathir Muhammad, yang justru berani memotong gaji para menterinya demi iuran membayar utang negara.

“Dibanding Malaysia, malu kita. Mahathir bahkan memotong gaji para menterinya untuk urunan bayar hutang luar negeri,” jelas Priyo.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menetapkan Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Gaji Megawati dan pejabat BPIP lain diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42/2018 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya Bagi Pemimpin, Pejabat, dan Pegawai Badan Pembinaan Ideologi Pancasila yang ditandatangani Jokowi pada Rabu (23/5) lalu.

Berikut daftar hak keuangan sesuai dengan lampiran Perpres Nomor 42/2018:

Ketua Dewan Pengarah mendapat hak keuangan Rp 112.548.000
Anggota Dewan Pengarah mendapat hak keuangan Rp 100.811.000
Kepala BPIP mendapatkan hak keuangan Rp 76.500.000
Wakil Kepala BPIP mendapatkan hak keuangan Rp 63.750.000
Deputi BPIP mendapatkan hak keuangan Rp 51.000.000
Staf Khusus BPIP mendapatkan hak keuangan Rp 36.500.000

Sumber : Heboh Gaji 112 Juta Megawati, Pantaskah?
Heboh Gaji 112 Juta Megawati, Pantaskah?
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments