Friday, September 24, 2021
Home Nasional HTI Bantah Tudingan Ormasnya Anti-Pancasila

HTI Bantah Tudingan Ormasnya Anti-Pancasila

Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Muhammad Ismail Yusanto, mengatakan HTI merupakan organisasi resmi yang dalam kurun waktu lebih dari 20 tahun kegiatannya berdakwah selalu memenuhi prosedur yang berlaku dan dalam pelaksanaannya tidak bertentangan dengan Pancasila.

“HTI menolak keras pembubaran tersebut. HTI selama lebih dari 20 tahun melakukan dakwah secara santun dan damai,” kata Ismail dalam keterangan persnya di kantor Dewan Pimpinan Pusat HTI Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Ia pun membantah tudingan pemerintah yang disampaikan melalui Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, bahwa kegiatan HTI bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Tudingan bahwa kegiatan HTI bertentangan dengan Pancasila adalah tidak benar,” ujarnya lagi.

Ismail juga menegaskan bahwa kegiatan-kegiatan HTI selama ini tidak pernah menyimpang dari ajaran agama. Menurut Pasal 59 UU Nomor 17/2013 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas), ajaran Islam bukan merupakan hal yang bertentangan dengan Pancasila.

Sebelumnya, Menkopolhukam, Wiranto, telah menyatakan keputusan pembubaran HTI oleh pemerintah lantaran sepak terjang ormas tersebut dianggap bertentangan dengan Pancasila.

“Setelah melakukan pengkajian dan pembelajaran secara mendalam serta melalui pertimbangan, kami menyimpulkan langkah tegas untuk membubarkan HTI,” kata Wiranto dalam keterangan persnya di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (8/5).

 

 

Sumber : HTI Bantah Tudingan Ormasnya Anti-Pancasila
HTI Bantah Tudingan Ormasnya Anti-Pancasila
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments