Hujan dan angin akan iringi super blue blood moon malam ini

0
299

Berdasarkan pengamatan merdeka.com di situs BMKG, malam ini yang bertepatan dengan fenomena super blue blood moon di langit Indonesia, akan diiringi dengan hujan serta angin.

DKI Jakarta disebut berpotensi hujan disertai kilat atau petir dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, serta Jakarta Barat.

Menurut rilis yang memuat analisis dari BMKG, disebut bahwa cuaca ekstrem akan menyapa Indonesia paling tidak hingga 3 Februari. Hal ini disebabkan pada posisi saat ini, matahari berada di belahan bumi selatan. Hal ini berakibat suhu udara di belahan bumi selatan lebih tinggi daripada belahan bumi utara.

Kondisi ini mengakibatkan adanya tekanan rendah di belahan bumi selatan sehingga terjadi aliran udara dingin dari belahan bumi utara.

Kondisi inilah yang memicu terjadinya potensi hujan dan angin dengan kecepatan tinggi di hampir seluruh wilayar Indonesia.

Hal ini tentu akan sedikit menghalangi kita menikmati indahnya super blue blood moon. Bahkan, berbagai cuaca ekstrem tak cuma di Jakarta.

Di Banten, terutama di selat Sunda, BMKG mengimbau adanya potensi gelombang tinggi. Hal yang sama terjadi di provinsi yang terpisah dengan Banten oleh selat Sunda yakni Bengkulu, di mana ada potensi ketinggian gelombang hingga 3 meter.

Di Jawa Timur, hampir setiap jengkal provinsi akan diwarnai hujan sedang dengan petir dan angin kencang di malam hari. Serta gelombang yang diprediksi akan naik 3,5 hingga 4 meter.

Wilayah Bali dan Nusa Tenggara juga akan terjadi hujan sedang, petir dan angin kencang, di mana di Bali hujan bahkan berpotensi lebat.

Di Maluku, angin kencang akan terjadi di seluruh wilayah, dengan prakiraan kecepatan lebih dari 30 kilometer per jam.

Kalimantan pun demikian, di wilayah tengah dan selatan akan terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang.

Jadi jika Anda tetap ingin menikmati super blue blood moon, mungkin salah satu alternatif terbaik adalah menyimak live streaming BMKG yang akan dihelat di media sosial. [idc]

 

Sumber : https://www.merdeka.com/teknologi/

Comments

comments