Wednesday, July 28, 2021
Home Militer HUT ke-71, TNI AU 'Lukis' Gambar Hati di Langit Jakarta

HUT ke-71, TNI AU ‘Lukis’ Gambar Hati di Langit Jakarta

Jakarta – TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar parade akrobatik menggunakan pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT). Dalam aksinya JAT menampilkan kelihaiannya membentuk angka 71 dan melukis pola love di langit Jakarta.

Pantauan detikcom, Minggu (9/4/2017) di Landasan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, acara dimulai pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB. JAT ditampilkan sebagai pembuka parade. JAT mengawali aksinya dengan membentuk formasi angka 71 dan ucapan selamat untuk TNI AU.

Setelah melakukan formasi 71, JAT melakukan sejumlah parade fog, loop and cross, dan ditutup dengan membentuk pola hati sebagai bentuk kedekatan TNI AU dengan masyarakat.

HUT ke-71, TNI AU 'Lukis' Gambar Hati di Langit JakartaFoto: Akhmad Mustaqim/detikcom

Usai parade JAT, TNI AU pamerkan sejumlah atraksi deploy flare dari Sukhoi dan F16. TNI AU simulasikan dua pesawat Indonesia sedang dikejar musuh, lalu Sukhoi dan F16 mengeluarkan flare untuk alihkan rudal musuh.

Ada juga simulasi tempur Tucano, yakni aksi F-16 menyerang pertahanan musuh. Kemudian disusul dengan Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara (OP3U) dengan menerjunkan pasukan melalui pesawat.

HUT ke-71, TNI AU 'Lukis' Gambar Hati di Langit JakartaFoto: Akhmad Mustaqim/detikcom

Sebagamana diketahui, perayaan HUT TNI AU ke-71 ini dilaksanakan Minggu (9/4) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Dalam perayaan tersebut ditampilkan 132 pesawat milik TNI AU.

Pesawat-pesawat tersebut antara lain Pesawat C130 Hercules, Pesawat T41 cessna, Pesawat CN 295, Pesawat Boeing 737, Pesawat F-16, Golden Eagle T50i, Hawk 109, Pesawat Sukhoi dan lain-lain. Selain itu Hadi juga mengatakan akan ada beberapa atraksi pesawat dan peragaan kegiatan dari TNI AU dalam menjaga keutuhan Republik Indonesia.
(jor/jor)

 

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-3469396/hut-ke-71-tni-au-lukis-gambar-hati-di-langit-jakarta

Most Popular

Recent Comments