HUT TNI ke-72, Bersama rakyat TNI kuat!

0
1215

Hari ini, Kamis (5/10/2017), Tentara Nasional Indonesia (TNI), merayakan ulang tahunnya yang ke 72. Perayaan ulang tahun TNI, dipusatkan di dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten.

Presiden RI. Joko Widodo, akan mengemban tugas sebagai inspektur upacara HUT TNI. Presiden akan didampingi Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo, dan para Kepala Staf TNI.

Presiden RI. Joko Widodo, akan mengemban tugas sebagai inspektur upacara HUT TNI. Presiden akan didampingi Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo, dan para Kepala Staf TNI.

Sementara yang menjabat komandan upacara, adalah Pangkostrad, Letjen TNI Edy Rahmayadi.

Acara hari ini, akan diisi oleh parade dan defile dari 5.932 prajurit TNI, dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU)

Selain itu akan digelar juga acara demo alat utama sistem senjata (alutsista), dari ketiga matra.

Milik matra TNI Angkatan Darat alutsista defile terdiri mulai dari 3 unit Bush Master milik Kopassus, 6 unit P6 ATAV, kendaraan tempur Anoa, tank M11 A1, tank Marder 2A1, Leopard 2R1, Panser Pandur 105 MM. Alutsista demo tempur juga dipamerkan seperti Unit Astros MK II AV-LMU, Meriam 155 Caesar, heli Colibri, Apache AH-64-E dan lain-lain.

Milik TNI Angkatan Laut alutsista demo tempur 48 KRI, 17 unit Pesud FIX Wing, Heli Bolcow, 10 Pesud Rotary Wing, Sea Rider dan lain-lain.

Sementara itu, matra TNI Angkatan Udara memamerkan alutsista demo udara mulai dari Pesawat Cesna -172, heli SAR dan Medavac, Heli Nas-332 VVIP, Sukhoi sampai 8 unit F-16.

Andalan alutsista yang dipamerkan tersebut disaksikan oleh ribuan warga Cilegon dan sekitarnya.


Dalam sambutannya sebagai inspektur upacara, Presiden Jokowi mengatakan bahwa dengan rasa optimis dan banga, TNI akan menjadi angkatan bersenjata yang semakin di segani. Bukan hanya menjadi kekuatan besar di regional Asia tapi juga disegani oleh negara lain.

“TNI akan selalu yang pertama terdepan dalam menjaga persatuan dan kesatuan,” katanya di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017). (A.A)