Monday, October 18, 2021
Home Nasional Hutang Indonesia Era Jokowi Bertambah Rp 1.067 T, Ini Penjelasan JK

Hutang Indonesia Era Jokowi Bertambah Rp 1.067 T, Ini Penjelasan JK

Utang Indonesia bertambah Rp 1.067 T pada kepemimpinan Jokowi – JK selama 2,5 tahun ini. Wakil Presiden, Jusuf Kalla, memberikan penjelasan tentang penggunaan utang tersebut untuk apa saja selama ini.

Wapres menuturkan, utang tersebut digunakan sebagian besar untuk pembangunan infrastruktur yang hingga saat ini masih terus dilakukan oleh pemerintah dan untuk membayar cicilan utang sebelumnya.

“Sebagian besar dipakai untuk pembangunan, tetapi karena defisit primernya, kita juga harus membayar utang sebelumnya,” ujar JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (4/7).

Lebih lanjut, JK mengatakan bahwa rasio utang terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) negara Indonesia yakni 27 persen masih lebih rendah dibandingkan dengan rasio utang Amerika Serikat yang berada di angka 100 persen, dan Jepang juga sudah berada di 100 persen.

“Cuma, Jepang pinjam dari dalam negeri, dari lembaga-lembaga pensiunan, kalau AS cetak uang,” kata JK.

Utang pemerintah yang kian bertambah akan membuat pemerintah berhati-hati. Pemerintah akan menjaga defisit APBN agar tidak melebihi 3 persen dari PDB.

 

Sumber : Hutang Indonesia Era Jokowi Bertambah Rp 1.067 T, Ini Penjelasan JK
Hutang Indonesia Era Jokowi Bertambah Rp 1.067 T, Ini Penjelasan JK
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments