Friday, September 24, 2021
Home ENERGI UMUM ICP dan Lifting Minyak Masuk Revisi APBNP 2017

ICP dan Lifting Minyak Masuk Revisi APBNP 2017

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan asumsi harga minyak mentah Indonesia (ICP) sebesar USD45-USD60 per barel dalam asumsi makro Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017.

Menurut Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, asumsi makro ini sudah keputusan terbaik yang ditetapkan mengingat sulitnya mengetahui harga minyak sebenarnya. Bahkan, sekelas OPEC yang merupakan Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi pun tidak bisa memprediksi.

“Tidak ada yang tahu harga minyak berapa, OPEC pun juga enggak akan bisa. Asumsi yang kita pakai yang terbaik meski asumsi terbaik ini belum tentu sama dengan kenyataan di dunia, karena enggak ada seorang pun yang bisa memprediksi. Baik itu produser terbesar, kepala negara, kepala badan tidak ada yang mampu analisa berapa sebenarnya harga minyak saat ini dan akan datang,” ujarnya di Kementerian ESDM, Senin (5/6).

 Terkait dengan kemungkinan adanya perubahan tentang target lifting minyak pada APBN 2017 dengan asumsi lifting minyak 771 ribu – 815 ribu barel per hari, Arcandra mengaku akan terus melakukan evaluasi.
“Angka yang ada sekarang, inilah angka terbaik kita. Namun demikian, angka ini belum tentu akan sama dengan realitanya,” paparnya.

“Spiritnya kan 771 ribu barel per hari, tentu targetnya kalau bisa masih di atas 800 ribu. Kita sebisa mungkin sekuat tenaga berapa, internal target lebih dari itu. Kami minta SKK Migas bikin internal strategi agar tercapai,” jelasnya.

 

Sumber : ICP dan Lifting Minyak Masuk Revisi APBNP 2017
ICP dan Lifting Minyak Masuk Revisi APBNP 2017
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments