Tuesday, October 26, 2021
Home ENERGI UMUM IESR: Desain Bisnis Holding BUMN Migas Masih Belum Jelas

IESR: Desain Bisnis Holding BUMN Migas Masih Belum Jelas

Direktur Eksektutif Institute for Essential Services Reform (IESR), Fabby Tumiwa, menilai, desain bisnis Holding BUMN Migas masih belum jelas.

Pasalnya, kata Fabby, sampai sekarang belum ada kejelasan mengenai arah pengembangan usaha Holding BUMN Migas itu sendiri, ke sektor migas saja atau fokus ke bidang energi.

“Pertamina sebelum (ada) Holding, visinya adalah sebagai perusahaan energi dan salah satu alasannya menjadi perusahaan energi adalah bisnis migas ke depan tidak terlalu prospektif,” papar Fabby di Jakarta pada hari Senin (5/2).

Fabby menuturkan, apabila Holding BUMN Migas akan fokus menggarap sektor bisnis energi, hal itu wajar. Pasalnya, permintaan pasar terhadap minyak dalam jangka panjang akan terus menurun. Selain itu, risiko pengelolaan sumber-sumber tambang migas kini semakin besar.

“Pertamina menargetkan pembangunan 1.000 Megawatt pembangkit energi terbarukan. Pertamina juga masuk ke pengembangan bahan bakar alternatif selain BBM,” tandas Fabby.

Fabby beranggapan, saat ini pemerintah masih dan hanya menyentuh pembentukan korporasi Holding BUMN Migas, tapi belum menyusun konsep desain besar (grand design) bisnisnya.

“Visi strategis dari terbentuknya Holding BUMN migas seperti apa? Belum tergambar,” tuntas Fabby.

 

 

 

Sumber : IESR: Desain Bisnis Holding BUMN Migas Masih Belum Jelas
IESR: Desain Bisnis Holding BUMN Migas Masih Belum Jelas
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments