Monday, October 18, 2021
Home Nasional Ignasius Jonan Ingin Realisasikan Penjualan BBG di SPBU

Ignasius Jonan Ingin Realisasikan Penjualan BBG di SPBU

Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengatakan bahwa pemerintah akan fokus pada konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) untuk transportasi lantaran pertumbuhan kendaraan bermotor di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Diketahui pertumbuhan kendaraan di Indonesia mencapai 13% sedangkan pertumbuhan ekonomi hanya berkisar 5% saja. Hal itu berarti pertumbuhan kendaraan mencapai 3 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional.

Rencanya Ignasius Jonan ingin memperbanyak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG ) kemudian kendaraan umum akan dipasangi konverter kit agar memakai bahan bakar gas. Untuk mendorong rencana itu, maka pihaknya membuat aturan baru yang mewajibkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) harus memiliki satu dispenser BBG.

 

Senada dengan menteri ESDM, Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas), Eri Purmohadi sangat setuju dengan langkah yang akan diambil oleh Ignasius Jonan.

“Rencana itu sudah pernah dibahas Pak Menteri 2 kali dengan kami. Idealnya memang begitu. Jadi ini menunjang program konversi ke gas,” ujarnya, kamis (23/3/2017).

Eri,lebih lanjut mengungkapkan bahwa dengan adanya konversi itu pemerintah juga harus mempertimbangkan masalah harga. Pasalnya harga BBG saat ini masih berada di titik Rp 3.000/liter setara dengan premium (Isp). Harga itu dinilai masih jauh dari nilai keekonomian yang berkisar Rp 4.000/liter.

“Margin harus bisa menutup minimal untuk biaya operasional. Harga gas di hulunya kalau bisa jangan di atas US$ 4/MMBTU,” ungkapnya.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55454/ignasius-jonan-ingin-realisasikan-penjualan-bbg-di-spbu#ixzz4c7h4cFpd

Most Popular

Recent Comments