Monday, October 18, 2021
Home Jitu News IKAPPI Pesimis Penetapan HET Mampu menekan Harga Pangan di Pasar

IKAPPI Pesimis Penetapan HET Mampu menekan Harga Pangan di Pasar

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan bahwa pihaknya cukup pesimis penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) pada sejumlah komoditas pangan akan mampu menekan harga di pasar.

“Penetapan HET untuk sejumlah komoditas pangan di pasar sampai saat ini masih belum memberikan pengaruh pada stabilitas harga pangan, nyatanya untuk beberapa komoditas yang sudah ditetapkan HET-nya oleh pemerintah harganya masih di atas harga HET tersebut,” demikian kata Abdullah Mansuri saat dihubungi Jitunews.com, Sabtu (3/6).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa banyak pedagang yang belum bisa menerapkan HET yang ditetapkan pemerintah dalam menjual harga pangan. Pasalnya hal tersebut lebih dikarenakan HET yang ditetapkan pemerintah masih dinilai terlalu rendah dan tidak menguntungkan pedagang di pasar.

“Rata-rata pedagang membeli dari distributor dengan harga yang tingga di atas harga HET yang ditetapkan pemerintah, maka tidak mungkin mereka menjual dengan harga HET yang ditetapkan pemerintah,” demikian katanya.

Menurutnya, agar penetapan HET ini bisa berjalan maksimal di lapangan, maka perlu ada pengawasan harga yang kuat dari hulu hingga ke hilir.

“Betul-betul dihitung harga dari proses produksinya dan sampai ke pasar seperti apa. Jadi kalau ada perhitungan dan pengawasan yang menyeluruh maka langkah penetapan HET bisa berjalan maksimal dan tidak ada yang dirugikan, demikian tukasnya.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah melalui kementerian perdagangan(Kemendag) sudah menetapkan HET untuk beberapa komoditas unggulan seperti gula dengan HET Rp 12.500 per kilogram, minyak goreng dalam kemasan sederhana Rp 11.000 per liter dan minyak goreng curah Rp 10.500 per liter, dan daging beku Rp 80.000 per kilogram.

 

Sumber : IKAPPI Pesimis Penetapan HET Mampu menekan Harga Pangan di Pasar
IKAPPI Pesimis Penetapan HET Mampu menekan Harga Pangan di Pasar
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments