Saturday, May 28, 2022
Home Jitu News Ikuti Anjuran KPK, Begini Cara PSI Seleksi Caleg

Ikuti Anjuran KPK, Begini Cara PSI Seleksi Caleg

Sehubungan dengan pembukaan pendaftaran bakal calon anggota legislatif, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggunakan sistem pendaftaran secara terbuka untuk mencegah adanya caleg nakal.

“Kita mengikuti apa yang sudah dianjurkan KPK, yaitu open recruitment, secara terbuka. Dari tadi yang sudah dijelaskan KPK,” kata politikus muda PSI, Tsamara Amany, Senin (18/9).

Tsamara mengatakan proses pendaftaran bersifat transparan. Dia juga mengaku tidak akan menerima bakal calon menggunakan jalan pantas dengan membayar uang ike DPP.

“Salah satu cara yang kita lakukan adalah open recruitment caleg. Nanti kalau misalnya ada yang coba-coba membayar, jalan keluarnya sih sudah pernah ada, kita langsung kembalikan kepada yang bersangkutan,” jelasnya.

Masyarakat juga bisa turut membantu jika mengetahui track record bakal calon, apalagi jika terlibat suatu permasalahan otomatis tidak akan diloloskan.

Tsamara menjelaskan proses rekrutmen terbilang mudah, dengan melakukan pendaftaran di website PSI. Kemudian mengisi esai yang ada pada website tersebut, jika lolos administrasi nantinya akan diseleksi panel yang dinilai oleh tokoh independen.

“Kedua, harus menghadapi seleksi panel yang diisi oleh tokoh-tokoh seperti Prof Mahfud dan lainnya,” katanya.

PSI berharap dapat menjaring bakal calon yang bersih. Pihaknya juga senang jika KPK bersedia membantu PSI memberikan rekomendasi track record dari bakal calon.

“Jadi memang kita mengharapkan mendapat tokoh-tokoh terbaik, calon-calon wakil rakyat terbaik. Kita mengandalkan masukan publik sebanyak-banyaknya, memastikan bahwa calon-calon yang kita dukung adalah tokoh tokoh antikorupsi. Kami senang hati kalau misalnya nanti KPK memberikan masukan kepada kita tentang tokoh-tokoh yang merah, yang kuning, dan hijau yang memiliki track record dengan KPK,” jelas Tsamara.

 

 

 

 

Sumber : Ikuti Anjuran KPK, Begini Cara PSI Seleksi Caleg
Ikuti Anjuran KPK, Begini Cara PSI Seleksi Caleg
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments