Monday, September 20, 2021
Home DIMENSI Inggris Berlakukan Larangan Bawa Laptop dan Smartphone Besar dalam Pesawat

Inggris Berlakukan Larangan Bawa Laptop dan Smartphone Besar dalam Pesawat

Dalam beberapa tahun terakhir, peraturan terkait keamanan penerbangan mulai diperbaharui serta diterapkan.

Baru-baru ini penumpang maskapai penerbangan dilanda kebingungan sehubungan larangan membawa laptop dan pembatasan perangkat elektronik ukuran besar di dalam kabin yang diberlakukan terhadap penerbangan tertentu.

Sementara itu, para turis harus mengenali negara-negara yang menjadi tujuan wisata populer yang mungkin saja masih mempertahankan larangan tersebut.

Sedangkan, Maskapai dan bandara di Amerika Serikat sendiri masih menunggu pengumuman resmi dari Departemen Keamanan Dalam Negeri terkait, apakah AS akan tetap mempertahankan larangan tersebut atau tidak.

Namun demikian, Inggris telah mengumumkan pada akhir Maret 2017 ini bahwa penumpang tidak lagi dapat membawa perangkat elektronik ukuran besar dari negara tujuan seperti, Turki, Lebanon, Yordania, Mesir, Tunisia dan Arab Saudi.

Pembatasan itu mencakup perangkat elektronik berukuran 16cm (6,3 inci), 9,3 cm (3,7 inci), dan 1,5 cm (0,6 inci), di mana ukurannya lebih besar dari smartphone biasa yang harus disertakan dalam bagasi tetap.

Maskapai penerbangan Inggris yang menerapkan kebijakan larangan tersebut di antaranya, British Airways, EasyJet, Jet2.com, Monarch, Thomas Cook dan Thomson.

Selanjutnya, Maskapai penerbangan asing yang terkena dampaknya dari peraturan tersebut yaitu, Turkish Airlines, Pegasus Airways, AtlasGlobal Airlines, Middle East Airlines, EgyptAir, Royal Jordanian, Tunis Air dan Saudia.

Penumpang pesawat yang berada di bandara di negara-negara yang memberlakukan larangan gadget besar tersebut perlu menyadari apa yang harus mereka lakukan terhadap peralatan elektronik yang mereka bawa.

Setiap gadget yang ukurannya lebih besar dari ponsel harus dikeluarkan dari bagasi kabin.

Penumpang harus menyatakannya ketika check in dan menambahkannya ke daftar bagasi mereka.

Sejumlah perangkat yang dirancang untuk digunakan pada telepon, laptop atau tablet namun melebihi bentuk yang sama juga dilarang masuk dalam kabin penumpang.

Pelarangan ini juga mencakup baterai cadangan, sumber daya portabel, keyboard, kabel power transformer dan hard drive eksternal.

Sementara, baterai cadangan dan sumber daya portabel tidak bisa diangkut pada penerbangan yang menerapkan kebijakan ini dengan cara apa pun juga, karena sudah ada larangan perihal menyimpan barang bawaan karena potensi risiko kebakaran.

Selain itu, permasalahan lain tetap ada, jika ada penumpang terbang tanpa membawa barang, karena banyak wisatawan yang mau menekan biaya perjalanan mereka.

“Terkait larangan membawa laptop kami mendorong pelanggan untuk memeriksa barang bawaan mereka secara gratis dan hanya membawa barang penting saja di atas pesawat,” ujar Juru bicara Maskapai Penerbangan Inggris, EasyJet.

“EasyJet menginformasikan penumpang menjelang penerbangan tentang kebijakan larangan tersebut.”

 

Sumber : Inggris Berlakukan Larangan Bawa Laptop dan Smartphone Besar dalam Pesawat
Inggris Berlakukan Larangan Bawa Laptop dan Smartphone Besar dalam Pesawat
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments