Tuesday, August 3, 2021
Home Nasional Ingin Berjaya di Pilpres, PD Akan Lakukan Ini!

Ingin Berjaya di Pilpres, PD Akan Lakukan Ini!

Untuk mengantisipasi pergerakan antar koalisi dan kemungkinan terbentuknya koalisi baru, Partai Demokrat berencana mengajukan permohonan uji materi terhadap ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean, ambang batas tersebut mencegah potensi terbentuknya koalisi baru dan menghambat calon-calon presiden alternatif.

“Kami melakukan upaya hukum untuk menggugat presidential threshold 20 persen ke MK. Dalam waktu dekat, kami akan mengajukan judicial review terkait dengan UU Pemilu,” kata Ferdinand dikutip dari Tempo.co (11/6).

Dalam upaya hukum itu, Demokrat akan meminta penghapusan ambang batas 20 persen.

Jika usaha ini berhasil, bukan tidak mungkin SBY dan Demokrat akan membentuk poros baru untuk mengusung capres-cawapres alternatif.

“Itu juga bagian dari upaya kami membuka peluang poros baru dengan capres baru,” tandasnya.

Sedangkan permohonan uji materi sendiri sebelumnya pernah diajukan beberapa partai lain, seperti Partai Islam Damai dan Aman (Idaman), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

 

Sumber : Ingin Berjaya di Pilpres, PD Akan Lakukan Ini!
Ingin Berjaya di Pilpres, PD Akan Lakukan Ini!
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments