Monday, September 27, 2021
Home DIMENSI Ingin Jadi Vlogger? Kenali Dulu Perlengkapan Dasarnya

Ingin Jadi Vlogger? Kenali Dulu Perlengkapan Dasarnya

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Di era informasi saat ini, fenomena vlog atau video blog memang sedang booming, khususnya di Indonesia. Jumlah vlogger di Indonesia juga semakin meningkat dari yang membahas kuliner, destinasi wisata tutorial make up, tutorial hijab, product review dan masih banyak lagi. Di samping memberikan informasi untuk masyarakat, vlog juga diminati untuk mereka yang ingin mencari penghasilan tambahan selain pekerjaan pokok mereka. Karena subscriber dan view mereka terbilang banyak dan mereka cukup terkenal di dunia maya, mereka membuka endorse atau iklan berbayar dengan melibatkan produk pengiklan dalam video mereka dengan tarif tertentu.

Ada harga, ada kualitas. Tentunya vlog endorse yang dibuat para vlogger yang sudah memiliki ratusan ribu follower dan subscriber, bertarif hingga jutaan rupiah untuk satu kali video. Kalau sudah begini, kamu tidak perlu susah-susah untuk bekerja keras mencari penghasilan tambahan.

Peralatan vlogger professional memang tidaklah murah, karena mereka menginginkan kualitas terbaik. Tetapi kamu tidak perlu khawatir jika ingin menjadi seorang vlogger pemula. Kamu dapat mencoba peralatan dasar vlogging yang sederhana seperti berikut ini.

 

a. Kamera atau Smartphone

Kalau tidak punya kamera mirrorless atau DSLR untuk merekam video kamu, kamu bisa menggunakan kamera smartphone kamu sendiri untuk merekam vlog kamu. Tentunya hasil yang akan didapatkan akan lebih baik jika menggunakan kamera, tetapi sebagai vlogger pemula, itu bukan merupakan suatu masalah.

b. Monopod atau Tripod

Kamu bisa lebih mudah dalam mengatur ketinggian serta penempatan smartphone atau kameramu sob. Hal ini berkaitan dengan sudut pandang atau angle dalam proses shooting video kamu. Monopod atau Tripod juga bisa meminimalisir guncangan yang akan membuat video kamu nge-blur.

c. Lighting

Pastikan pencahayaan dalam ruanganmu baik agar penonton tidak kesulitan untuk melihat video kamu. Kalau budget kamu belum memadai, kamu bisa memakai lampu kamarmu asalkan tidak terlihat gelap saat di video. Kamu juga bisa mengakalinya dengan menaikan kecerahan/brightness pada saat kamu mengedit video.

d. Microphone

Selain menggunakan microphone untuk mendapatkan suara yang jernih dan bagus, kamu juga bisa menggunakan handphone kamu yang lainnya sebagai microphone untuk proses perekaman suara dan menggabungkannya pada saat proses edit video nanti.

e. Laptop

Gunakan aplikasi edit pada laptopmu seperti Adobe Premiere untuk mendapatkan hasil maksimal. Dari meng-trim video, menambahkan teks dan audio, menggabungkan video dan lainnya. Jika kamu tidak punya aplikasi edit video di laptop, kamu bisa menggunakan smartphone mu untuk mengedit video. Banyak aplikasi-aplikasi smartphone pengedit video gratis di Playstore.

f. Drone

Drone mampu mengambil perspektif gambar yang lebih luas dan memberikan angle yang unik. Apalagi jika kamu ingin fokus menjadi travel vlogger, drone memiliki peran yang penting untuk membuat konten yang kamu miliki menjadi lebih kaya dan menarik. Terlebih dengan hadirnya drone mini dari brand drone ternama DJI, Spark. Saat ini vlogger tidak lagi membutuhkan alat bantu seperti tongsis atau alat bantu lainnya jika ingin melakukan selfie atau wefie.

Untuk smartphone dan drone dengan kualitas kamera depan yang maksimal, ada banyak pilihan yang bisa kamu peroleh saat ini. Kamu tinggal menentukan spesifikasi yang dibutuhkan dan menentukan budget yang akan kamu habiskan untuk membeli smartphone. Yang terpenting pilihlah tempat belanja yang tepat dan pasti menjual smartphone bergaransi resmi, seperti ErafoneUrban Republic dan beberapa retailer lainnya yang menyediakan gadget garansi resmi dari TAM.

Sumber : Ingin Jadi Vlogger? Kenali Dulu Perlengkapan Dasarnya
Ingin Jadi Vlogger? Kenali Dulu Perlengkapan Dasarnya
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments