Tuesday, July 27, 2021
Home MINYAK & GAS Ingin Mayoritas di Kilang Tuban, Ini Alasan Pertamina

Ingin Mayoritas di Kilang Tuban, Ini Alasan Pertamina

Plt. Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan, pihaknya bakal tetap menjaga porsi mayoritas di grass root refinery atau GRR Tuban karena melihat potensi bisnis petrokimia. Saat ini, porsi Pertamina di sana 55%, sedangkan 45% dipegang oleh Rosneft.

“Kami tetap incar mayoritas ke depannya karena melihat pasar petrokimia domestiknya cukup bagus,” ungkap Nicke di Jakarta, Rabu (23/5).

Namun, Nicke mengungkapkan bahwa dalam proses pembangunannya terkendala oleh masalah lahan. Oleh karenanya, Pertamina pun mencari alternatif dengan mengincar lahan PT Perkebunan Nusantara XI dan XII.

Ia pun lantas menyatakan, pihaknya sudah melaksanakan survei untuk memastikan layak tidaknya penggunaan lahan milik PTPN tersebut.

“Dengan menggunakan lahan milik PTPN, transaksinya akan lebih mudah ketimbang proses eksekusi lahan KLHK dan warga. Sudah disurvei dan initial investigation, pelabuhan sudah disurvei dan cocok bangun kilang di situ. Opsi ini jadi, kami harap progress dari refinery Tuban bisa dilaksanakan. 300.000 barel oil per day (bopd) tambah kapasitasnya,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamima, Heru Setiawan, mengatakan, sejauh ini masih dalam proses pembahasan penggunaan lahan milik PTPN. Nantinya proses pembahasan awal pemakaian dilakukan oleh korporat baru kemudian oleh joint venture yang telah dibentuk.

“Diselesaikan Join Venture tapi yang proses Pertamina. Ini lagi didiskusikan sewa apa akuisisi lahan,” tandasnya.

Sumber : Ingin Mayoritas di Kilang Tuban, Ini Alasan Pertamina
Ingin Mayoritas di Kilang Tuban, Ini Alasan Pertamina
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments