Ini Cara, Syarat, Biaya Pembuatan Paspor Online, Yuk Simak!

0
189

Jakarta – Paspor merupakan dokumen penting saat seseorang sedang melakukan pelesiran ke luar negeri. Lantas, bagaimana cara, syarat serta biaya pembuatan paspor secara online?

Saat berpergian ke luar negeri, seseorang memerlukan paspor sebagai identitas internasional. Bila tak memilikinya, seseorang tak bisa melewati imigrasi di negara tujuan.

Paspor sendiri merupakan sebuah dokumen yang berisikan identitas berupa nama, tempat dan tanggal lahir, hingga negara asal. Biasanya paspor memiliki masa berlaku hingga 5 tahun dan bisa digunakan hingga berkali-kali.

Berdasarkan situs resmi Imigrasi berikut cara hingga biaya pembuatan paspor:

1. Cara Pembuatan Paspor

Prosedur pembuatan paspor dilakukan secara online melalui dua pilihan. Pilihan pertama dengan mengunjungi situs imigrasi dan mengajukan permohonan pembuatan paspor di alamat https://antrian.imigrasi.go.id/Layanan.

Pilihan kedua, melalui aplikasi online dengan mengunduh aplikasi Layanan Paspor Online di Playstore untuk Android. Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi dan klik daftar dengan mengisi data pribadi.

Jika muncul, question box ‘NIK tidak terdaftar’ silakan mengubah tanggal lahir sesuai dengan angka yang ada pada nomor NIK dimulai dari digit ketujuh. Setelah berhasil, akan muncul tampilan beranda yang berisikan nama, nomor NIK, dan tanggal lahir.

Untuk melakukan pendaftaran, klik menu pilihan Antrian Paspor. Lanjut, pilih kantor Imigrasi yang akan dituju untuk melakukan permohonan paspor. Terakhir, isi permohonan antrean paspor dengan memilih jenis permohonan jumlah pemohon dan tanggal kedatangan.

Jika semua proses telah selesai, pemohon akan mendapatkan barcode kode booking. Simpan bukti pendaftaran dan tunjukkan kepada petugas saat kedatangan.

2. Syarat Pembuatan Paspor

Persyaratan permohonan paspor untuk setiap orang berbeda-beda. Untuk paspor dewasa diperlukan untuk membawa e-KTP, kartu keluarga, serta akte lahir/ijazah/surat nikah.

Sedangkan untuk syarat pembuatan paspor anak diperlukan e-KTP kedua orang tua, kartu keluarga, akte lahir anak, akte nikah orang tua, dan paspor orang tua. Serta untuk perpanjangan paspor di atas tahun 2009 permohonan paspor cukup membawa KTP elektronik dan paspor saja. Untuk paspor di bawah tahun 2009 maka pemohon paspor membawa dokumen seperti biasanya.

Sementara itu untuk paspor umroh, menurut Kasubbag Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Sam Fernando ada tambahan syarat, terkait nama pemilik paspor. Paspor untuk umroh harus terdiri dari tiga kata. Jika nama asli tak terdiri dari tiga kata maka pemiliknya bisa menambahkan nama ayahnya atau bila masih kurang bisa ditambahkan dari nama kakek.

3. Biaya Pembuatan Paspor

Untuk biayanya pembuatan paspor tahun 2019, jenis paspor biasa dengan 48 halaman dikenakan tarif Rp 350.000 per buku. Sedangkan paspor elektronik untuk pembuatannya dipatok Rp 650.000 per buku.

Sumber : Detiknews.com