Thursday, October 21, 2021
Home Jitu News Ini Cerita Aiptu Sunaryanto Selamatkan Korban Penyanderaan di Angkot KWK-T.25

Ini Cerita Aiptu Sunaryanto Selamatkan Korban Penyanderaan di Angkot KWK-T.25

Aiptu Sunaryanto, anggota Satlantas Jakarta Timur, menceritakan kisahnya ketika menyelamatkan korban penyanderaan di dalam angkot T.25 jurusan Pulogebang-Rawamangun.

“Waktu itu saya masuk malam dan kebetulan lewat Jalan Gusti Ngurah Rai. Saat itu sudah ramai lalu ada teriakan rampok-rampok,” kata Sunaryanto di kantor Lantas Jaktim, Selasa (11/4).

Mendengar teriakan tersebut, Sunaryanto kemudian menghampiri Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan pada saat itu si pelaku tengah melakukan penyanderaan terhadap korban di dalam angkot.

 

Melihat keadaan tersebut, Sunaryanto kemudian berusaha melakukan tindakan persuasif terhadap pelaku. Selama proses negoisiasi, pelaku diketahui sempat melontarkan kata-kata ancaman akan membunuh korban. Sunaryanto tetap berusaha membujuk pelaku untuk mengakhiri aksinya dengan memberikan jaminan keamanan. Pasalnya, saat itu kondisi di sekitar TKP sudah dipenuhi massa.

“Proses negosiasi sempat berjalan alot, hampir setengah jam. Saya minta ke pelaku kalau bisa korban itu dilepaskan nanti pelaku saya jamin keamanannya,” katanya lagi.

Sunaryanto mengatakan pelaku sempat beberapa kali terpancing emosi ketika mendengar kata-katanya. Akan tetapi, Sunaryanto tidak menyerah, hingga akhirnya ia menemukan titik lengah pelaku.

“Dia terus memaksa bawa angkot ini ke tol. Karena situasi tidak memungkinkan dan saya lihat pelaku lengah lalu saya lakukan tindakan tegas,” ujarnya.

Berkat aksi heroiknya tersebut, Sunaryanto mendapat apresiasi dari banyak pihak, termasuk Polri. Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, mengatakan pihaknya akan memberikan penghargaan kepada Sunaryanto atas jasanya melumpuhkan pelaku kejahatan dan juga menyelamatkan korban.

“Kita kasih penghargaan, berikan reward kepada yang bersangkutan,” ucap Martinus di kompleks Mabes Polri.

Seperti diberitakan sebelumnya, awal mula terjadinya penyanderaan tersebut ketika pelaku menaiki angkot KWK-T.25 yang melintas di depan kantor Perumnas III, Jakarta Timur, Ahad (9/4) malam. Saat melewati Jalan I Gusti Ngurah Rai, pelaku kemudian mengeluarkan sebilah pisau dan menodongkan ke para penumpang.

Pelaku yang mengenakan Jaket berwarna biru tersebut meminta para penumpang untuk menyerahkan barang-barang berharga seperti HP, uang maupun perhiasan.

@jitunews http://jitunews.com/read/56702/ini-cerita-aiptu-sunaryanto-selamatkan-korban-penyanderaan-di-angkot-kwk-t-25#ixzz4e19ITn1X

Most Popular

Recent Comments