Monday, October 25, 2021
Home KESEHATAN Ini Dia Desa Paling Sehat di Dunia dan Masyarakatnya Berusia Panjang

Ini Dia Desa Paling Sehat di Dunia dan Masyarakatnya Berusia Panjang

Menerapkan pola diet rendah gula dan lemak bermanfaat dalam mencegah penyakit serta memperoleh usia panjang, demikian menurut pendapat Kardiolog, Dr Aseem Malhotra.

Membuktikan manfaat diet tersebut terhadap kesehatan tubuh manusia, Kardiolog ini mempelajari penduduk Pioppi, yang tinggal di sebuah desa terpencil di Italia Selatan.

Untuk diketahui, Pioppi diakui oleh UNESCO sebagai ‘Rumah Diet’ Mediterania. Sekaligus juga diakui sebagai desa paling sehat di dunia. Bahkan, masyarakat Pioppi diketahui berusia hingga 100 tahun atau lebih.

Menurut Dr Malhotra, pola makan dan gaya hidup warga Pioppi memberikan kontribusi terhadap usia panjang mereka.

Di samping itu, ahli jantung juga mencatat bahwa penduduk di sana memiliki tingkat stres yang rendah, di mana tidur selama tujuh jam dan mengonsumsi segelas anggur merah setiap harinya.

Pakar kesehatan juga mengakui bahwa penduduk desa Pioppi mengasup makanan yang kaya akan sayuran hijau, ikan, dan minyak zaitun.

Selain itu, masyarakat Pioppi juga menghindari terlalu banyak mengonsumsi gula dan jarang makan daging atau makanan olahan dari susu.

“Ya penduduk setempat makan pasta, tapi hanya dalam jumlah kecil. Dan, mereka jarang konsumsi gula. Mereka hanya makan makanan penutup pada Minggu yaitu 1-2 pizza dalam sekali sebulan. Mereka tidak punya gym tapi mereka berjalan kaki jika menempuh perjalanan. Terakhir, diet menjadi nomer satu bagi mereka,” kata Dr Malhotra.

“Hidup seperti orang Pioppian berarti mengurangi angka 20 juta kematian tahunan di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular,” ujar ia menambahkan.

Riset yang dilakukan oleh Dr Malhotra terkait dengan penelitian sebelumnya, di mana menyebutkan dampak positif diet Mediterania terhadap kesehatan tubuh manusia.

Misalnya, sebuah studi pada tahun 2016 lalu yang dilakukan oleh ilmuwan internasional mengungkapkan, bahwa diet sangat efektif dalam mengurangi resiko serangan jantung serta stroke pada pasien penyakit jantung.

 

Sumber : Ini Dia Desa Paling Sehat di Dunia dan Masyarakatnya Berusia Panjang
Ini Dia Desa Paling Sehat di Dunia dan Masyarakatnya Berusia Panjang
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments