Thursday, October 21, 2021
Home Nasional Ini Dia Terobosan yang Dilakukan Kemenhub di Mudik 2017

Ini Dia Terobosan yang Dilakukan Kemenhub di Mudik 2017

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi menuturkan bahwa persiapan arus mudik tahun 2017 antara Kementerian Perhubungan dengan beberapa stakeholder sudah terjalin dengan baik. Ia pun mengapresiasi setiap stakeholder yang sudah membantu.

Menurut Budi, pihaknya sudah melakukan beberapa terobosan di mudik tahun ini demi kelancaran serta kenyamanan penumpang yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 H di kampung halamannya.

Yang pertama, di sektor udara adalah dengan menambah waktu operasional. Tujuannya untuk mencegah keterlambatan (delay) pesawat di bandara.

“Sebagian hingga jam 12 malam dan sebagian lagi sampai 24 jam. Dengan adanya penambahan jam itu, diharapkan beberapa operator penerbangan dapat menambah slotnya (kapasitas penumpang). Jika terjadi keterlambatan maka tidak terjadi penumpukan (fluktuasi) di beberapa daerah,” kata Budi kepada Jitunews.com di sela-sela Dialog Teras Kita dengan tema ‘Strategi Mengurai Arus Mudik dan Upaya Menekan Angka Kecelakaan’, di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Minggu (18/6).

Selanjutnya di jalur darat, kata Budi, khususnya di kereta api ada penambahan enam rangkaian gerbong KA. Sementara, di jalan tol, Kemenhub berusaha meminimalisir serta mengurai kemacetan di tol Cipali.

“Kita secara khusus akan me-manage tol Cipali. Kita akan secara konsisten akan mengendalikan jalan yang di Cipali itu. Jadi akan kita tutup jika ada antrian lebih dari 20 meter,” tegasnya.

“Lalu lintas itu akan kita distribusikan baik di Utara dan Selatan. Saya sebagai koordinator mengimbau penggunaan jalan tidak hanya Cipali namun juga Pantura dan Selatan,” katanya lagi.

Sedangkan, di rute laut dibangun beberapa pos kegiatan mudik di beberapa kota di tanah air. Terakhir, dirinya berharap untuk mudik 2018 masyarakat lebih memilih jalur laut ketimbang darat.

“Kemarin saat saya ke Kalimantan, Makasar dan Banyuwangi, sudah tampak pos-pos kegiatan di pelabuhan laut. Karena sekarang ini baru andalkan 30 ribu hingga 50 ribu. Tahun depan bisa dua kali lipat. Karena laut itu nggak kenal macet. Itu bisa kita hubungkan dengan Semarang dan feeder-nya di beberapa kota,” tutupnya.

 

Sumber : Ini Dia Terobosan yang Dilakukan Kemenhub di Mudik 2017
Ini Dia Terobosan yang Dilakukan Kemenhub di Mudik 2017
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments