Sunday, October 24, 2021
Home Jitu News Ini Hasil Pertemuan Kemenhub dengan Manajemen Lion Air

Ini Hasil Pertemuan Kemenhub dengan Manajemen Lion Air

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan waktu dua bulan kepada manajemen Lion Air untuk segera memperbaiki diri terkait peristiwa-peristiwa kurang menyenangkan yang kerap menimpa maskapai berlambang singa terbang tersebut.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada hari Senin, tanggal 3 April 2017, Kemenhub melalui Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso, mengajukan tiga hal yang harus diperbaiki manajemen Lion Air, yakni menata kembali indeks perbandingan set aircrew dengan pesawat, memperbaiki jadwal rotasi kru dan awak kabin, serta menambah jumlah pesawat cadangan.

Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso, mengatakan pihaknya sangat mengutamakan keselamatan penerbangan dan meminta Lion Air segera memperbaiki kekurangan-kekurangannya agar masalah-masalah serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

 

“Kami tidak memberikan toleransi terhadap keselamatan penerbangan,” kata Agus.

Manajemen Lion Air diberikan waktu hingga bulan Mei. Jika dalam kurun waktu dua bulan tersebut manajemen Lion Air belum juga menunjukkan tanda-tanda perubahan positif, Kemenhub tidak segan-segan memberikan sanksi.

“Selama dua bulan kami akan mengawasi dengan ketat. Jika tidak terlaksana akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku,” kata Agus lagi.

Seperti diketahui sebelumnya, beberapa masalah menimpa manajemen Lion Air dalam jeda waktu yang berdekatan. Para penumpang sempat dibuat kesal lantaran terdapat masalah dengan penerbangan rute Singapura-Jakarta pada hari Rabu, tanggal 29 Maret 2017, yang membuat beberapa penumpang harus ditransfer ke Johor Bahru, Malaysia.

Tidak lama berselang, avtur salah satu pesawat Lion Air bocor dan menetes di area apron Bandara Juanda pada hari Minggu, tanggal 2 April 2017. Selain itu, belum lama ini juga, diketahui salah satu penumpang Lion Air ditinggal terbang padahal dirinya datang sebelum batas waktu check-in berakhir.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/56179/ini-hasil-pertemuan-kemenhub-dengan-manajemen-lion-air#ixzz4dLoFpemV

Most Popular

Recent Comments