Monday, October 18, 2021
Home Nasional Ini Upaya Kemendag Stabilkan Harga Bahan Pokok Jelang Puasa

Ini Upaya Kemendag Stabilkan Harga Bahan Pokok Jelang Puasa

Upaya-upaya lain yang sudah dan akan terus dilakukan Kemendag dalam menjaga ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok yaitu optimalisasi peran BUMN sebagai penyangga dan stabilisator harga pangan.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyebutkan, upaya tersebut seperti memaksimalkan peran Perum BULOG dalam stabilisasi harga dan pasokan beras, serta penyediaan alternatif pasokan yang lebih murah ke pasar, misalnya penyediaan daging beku.

Selain itu, Kemendag juga sudah memotong rantai distribusi. “Kemendag dan Kementan bekerja sama dengan BUMN dan BUMD melakukan langkah optimalisasi distribusi secara langsung dari daerah yang berlebih pasokannya ke daerah yang kekurangan,” imbuh Mendag di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (22/6).

 

Pada Desember 2016, Kemendag memfasilitasi penandatanganan Nota Kesepahaman pendistribusian daging beku antara Perum BULOG dengan Asosiasi Distributor Daging Indonesia (ADDI) (harga eceran Rp80.000/kg). Sedangkan pada Januari 2017, Kemendag memfasilitasi Nota Kesepahaman pendistribusian gula antara produsen gula dan distributor gula (harga eceran gula Rp12.500/kg).

Mendag juga meminta dengan tegas kepada pelaku usaha untuk tidak menaikkan harga secara tidak wajar dan tidak menimbun barang dalam rangka spekulasi. “Pengawasan akan dilakukan secara terpadu bekerja sama dengan aparat keamanan untuk menindak tegas para pelaku usaha yang menimbun barang dan melakukan spekulasi harga,” tegasnya.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55392/ini-upaya-kemendag-stabilkan-harga-bahan-pokok-jelang-puasa#ixzz4c7cY0pgO

Most Popular

Recent Comments