Wednesday, August 4, 2021
Home DIMENSI Intip 4 Tradisi Unik Pernikahan di Berbagai Dunia

Intip 4 Tradisi Unik Pernikahan di Berbagai Dunia

Pernikahan dapat menjadi sebuah momen indah dan penuh kebahagiaan yang menandai penyatuan dua insan. Uniknya, pernikahan seringkali dilangsungkan dengan berbagai adat. Bahkan, tak jarang di tengah kebahagiaan tersebut, pasangan harus melewati prosesi adat yang aneh dan irasional.

Di beberapa wilayah, tradisi yang dilakukan cukup unik, mulai dari mencaci maki pasangan, hingga tradisi malam pertama yang dilakukan di hadapan ibu mempelai wanita. Berikut beberapa tradisi pernikahan yang dianggap unik di dunia.

Saling mencaci-maki

Saling melempar pantun saat upacara adat dalam sebuah pernikahan adalah hal yang lumrah, tapi bagaimana dengan mencaci-maki? Di Afrika Selatan, kedua mempelai pria dan wanita, harus saling mencaci saat upacara pernikahan. Mereka meyakini, dengan tradisi itu, pasangan baru yang hendak membangun rumah tangga kelak akan langgeng. Konon, semakin pedas caciannya, semakin langgeng pula kehidupan pernikahannya.

Pengantin dilarang buang hajat

Tradisi di semenanjung Kalimantan ini tak kalah aneh. Setelah ritual pernikahan yang membahagiakan, suku Tidung mewajibkan pasangan pengantin harus menunda membuang kotoran besar maupun kecil selama 72 jam atau sekitar tiga hari tiga malam. Sehingga, pasangan pengantin akan dibatasi makan dan minum dan diawasi agar tidak ke toilet. Jika menjalani ritual ini, pasangan akan menjalani pernikahan bahagia, dianugerahi anak yang banyak dan sehat.

Ibu pengantin wanita harus menyaksikan malam pertama

Di Colombia, usia melaksanakan pesta pernikahan, kedua pasangan pengantin akan melakukan malam pertama sebagai sepasang suami istri yang sah. Namun yang unik, malam pertama ini harus disaksikan oleh ibu dari pengantin wanita. Semua kegiatan yang dilakukan pada saat malam pertama, mulai dari mencium kening hingga berhubungan badan tidak boleh luput dari sang ibu. Hal itu diyakini, agar ibu pengantin wanita mengetahui seperti apa anak perempuannya diperlakukan oleh suaminya setelah menikah.

Berhubungan seks dengan 10 pria sebelum menikah

Lain lagi di Tibet, ada tradisi melakukan hubungan badan yang dilakukan calon pengantin wanita sebelum menikah. Konon, sebelum menerima pinangan seorang lelaki dan ingin menikah, seorang perempuan harus merasa benar-benar siap. Nah, untuk membuktikannya, ia harus berhubungan seks, dengan setidaknya 10 pria lain sebelum menikah. Jika mereka bisa berhubungan seks dengan lelaki dari negara lain, atau semakin banyak berhubungan seks dari lelaki luar negeri, maka akan semakin baik.

 

 

Sumber : Intip 4 Tradisi Unik Pernikahan di Berbagai Dunia
Intip 4 Tradisi Unik Pernikahan di Berbagai Dunia
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments