Wednesday, July 28, 2021
Home Nasional "Iriawan Tak Perlu Mundur atau Alih Status dari Polri"

“Iriawan Tak Perlu Mundur atau Alih Status dari Polri”

Pelantikan Komjen Pol Mochamad Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat menimbulkan polemik.

Namun, pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penegasan bahwa penunjukan Iriawan tersebut tak menyalahi aturan.

Sumarsono selaku Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri menerangkan, untuk menjadi Sekretaris Utama (Sestama) Lemhannas, Iriawan tak perlu mundur atau alih status dari jabatan Polri.

” Iriawan tidak perlu alih status keanggotaan Polri karena menduduki jabatan ASN di instansi tertentu yang memang tidak dipersyaratkan untuk mundur atau alih status dari jabatan Polri-nya,” kata Sumarsono di kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pada hari Kamis (21/6).

Sumarsono juga menjelaskan soal Peraturan Pemerintah 21 Tahun 2002 tentang pengalihan status anggota TNI dan anggota Polri menjadi PNS untuk menduduki jabatan struktural.

Dalam peraturan tersebut mengatur jabatan pimpinan tinggi madya di instansi tertentu tidak perlu dilakukan alih status. Ia melanjutkan Lemhannas termasuk salah satu instansi yang tidak memerlukan alih status.

“PP Nomor 21 Tahun 2002 itu juga sudah dijelaskan. TNI-Polri yang ditempatkan di kantor Kemenko Polhukam, Kementerian Pertahanan, Setneg, BIN, Lembaga Sandi Negara, Lemhannas, BNN, dan seterusnya. Sekarang diperluas ke BNPT dan KPK dan Bencana Nasional (Badan SAR Nasional). Jadi di instansi inilah anggota TNI-Polri tidak perlu mundur. Tapi untuk di lembaga lain di luar ini harus mundur atau pensiun,” jelas Sumarsono.

Diberitakan sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo resmi melantik Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat di Gedung Merdeka, pada hari Senin (18/6) pagi.

Pelantikan Iriawan itu sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 106/6/2018 tentang pemberhentian dengan hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar periode 2013-2018 dan pengangkatan Pj gubernur.

Namun, sejumlah parpol memrotes pengangkatan Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar, di antaranya Demokrat, PKS, dan Gerindra, bahkan NasDem.

 

 

Sumber : "Iriawan Tak Perlu Mundur atau Alih Status dari Polri"
"Iriawan Tak Perlu Mundur atau Alih Status dari Polri"
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments