Jaga Persaingan di Pasar Global, KKP Tingkatkan Kualitas Rumput Laut Nasional

0
540

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, mengatakan bahwa dalam menghadapi tantangan persaingan perdagangan rumput laut global, maka hingga saat ini Kementerian Kelautan dan Perikanan(KKP) akan terus menjaga dan menjamin kualitas rumput laut nasional agar sesuai standar permintaan pasar mutlak harus dipenuhi.

“Agar bisa bersaing di pasar global tentunya kita akan menjaga kualitas rumput laut yang ada, sehingga sesuai dengan tuntutan pasar global,” ujarnya di Jakarta, Selasa(25/4).

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa dalam proses menjaga kualitas rumput laut yang ada pihak KKP akan mulai dengan menjaga kualitas bibit yang ada.

 

“Kita akan terus mendorong pemenuhan kebutuhan bibit yang berkualitas dan adaptif melalui penyediaan bibit hasil kultur jaringan yang hingga saat ini telah tersebar di sentra-sentra produksi di seluruh Indonesia,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa dengan melihat potensi rumput laut yang ada, sebenarnya Indonesia memiliki peluang besar menguasai pasar global, mulai dari ketersediaan rumput laut yang memiliki banyak variannya serta memiliki keunggulan komparatif yang tinggi.

“Jika dibandingkan negara produsen rumput laut di dunia, justru Indonesia memiliki keunggulan komparatif yang tinggi, karena kita memiliki keragaman sumber daya rumput laut yang melimpah,”pungkas Slamet.

Namun, Ia juga menegaskan bahwa dengan melihat potensi yang ada, menjadi PR tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat nelayan untuk bagaimana potensi ini bisa dioptimalkan secara mandiri, sehingga memberikan nilai tambah ekonomi.

 

@jitunews http://jitunews.com/read/57421/jaga-persaingan-di-pasar-global-kkp-tingkatkan-kualitas-rumput-laut-nasional#ixzz4fFMdNPOp