Monday, October 18, 2021
Home Nasional Jalan-jalan di Jakarta Sudah Macet Parah, Polisi Terpaksa Berdayakan Pak Ogah

Jalan-jalan di Jakarta Sudah Macet Parah, Polisi Terpaksa Berdayakan Pak Ogah

Kemacetan parah di sejumlah jalan di Jakarta semakin merajalela karena terjadi penyempitan, dampak dari pembangunan infrastruktur. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Pangara, berencana memberdayakan warga sipil pengatur lalu lintas (atau Pak Ogah) dalam membantu petugas mengurai kemacetan di sejumlah ruas jalan ibu kota.

“Itu program yang akan dibicarakan, dipresentasikan. Nanti dia akan pakai seragam yang mengatur, namanya Supertas, sukarelawan pengatur lalu lintas,” ujar Kombes Pol Halim kepada jurnalis di Jakarta, Jumat (21/07/2017) siang.

Supertas itu nantinya akan mendapatkan fasilitas berupa seragam serta perlengkapan lainnya. Sedangkan, untuk upah mereka diambilkan dari dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan. Namun dalam tahap pembahasan bersama Pemprov DKI Jakarta.

“Itu kita minta beberapa perusahaan untuk menggaji dia melalui CSR. Saya sudah menghadap Gubernur DKI Jakarta (Djarot Saiful Hidayat, red) langsung sama Dishub membicarakan hal itu,” pungkas Kombes Pol Halim.

Sekedar diketahui, sejumlah ruas jalan di Jakarta akhir-akhir ini mengalami macet parah akibat adanya penyempitan jalan, dampak dari pembangunan infrastruktur jalan yang dilakukan serentak.

Di antaranya adalah di Jalan Raya Mampang Prapatan yang sedang dalam pembangunan underpass atau jalan bawah tanah Mampang-Kuningan. Akibatnya, setiap hari terutama pagi dan sore, wilayah tersebut mengalami kemacetan sangat parah.

Pemandangan serupa juga terlihat di jalan sekitar perempatan Matraman yang mulai menyempit dampak dari pembangunan underpass Salemba-Matraman. Lalu, pembangunan proyek MRT juga membuat beberapa ruas jalan macet seperti kawasan Sudirman.

Meski begitu, polisi juga telah melakukan rekayasa lalu lintas dan menempatkan petugas di berbagai titik kemacetan.

 

Sumber : Jalan-jalan di Jakarta Sudah Macet Parah, Polisi Terpaksa Berdayakan Pak Ogah
Jalan-jalan di Jakarta Sudah Macet Parah, Polisi Terpaksa Berdayakan Pak Ogah
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments