Monday, September 27, 2021
Home Nasional Jamaah Umrah dan Haji Indonesia Dialihkan dari Qatar Airways ke Garuda Indoneisa...

Jamaah Umrah dan Haji Indonesia Dialihkan dari Qatar Airways ke Garuda Indoneisa dan Saudi Airline

Terkait Haji dan Umrah, Kemenhub seperti yang disampaikan Budi Karya bakal mengalihkan maskapai dari Qatar Airways ke maskapai lain seperti Garuda Indonesia atau pun Saudia Airline.

“Qatar Airways masih dapat melayani penerbangan dari dan ke Indonesia dan dilanjutkan ke negara ketiga, selain negara-negara yang mempunyai masalah diplomatik dengan Qatar,” tuturnya.

Pengalihan maskapai untuk pemberangkatan jamaah Umrah sendiri sesungguhnya telah belangsung. Jamaah Umrah yang sedianya berangkat pada Senin (5/6) yang semestinya menggunakan Qatar Airways kemudian dipindahkan menggunakan Saudi Airline.

Keesokan harinya, pihak Kemenhub juga melakukan hal serupa bagi 45 orang jamaah Umrah. Bedanya kali ini maskapai yang digunakan adalah Garuda Indonesia.

Langkah pengalihan maskapai sendiri bakal terus dilakukan Kemenhub setidaknya hingga krisis politik di wilayah tersebut selesai.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan pengalihan penerbangan merupakan solusi agar para jemaah Umrah Indonesia dapat tetap beribadah dengan lancar, tanpa terganggu isu politik global.

“Kita tidak bisa mencampuri urusan politik negara lain. Yang bisa kita lakukan adalah membuat kebijakan agar para jamaah Umrah Indonesia yang menggunakan Qatar Airways, tetap bisa melaksanakan ibadahnya,” ujarnya.

Sejalan dengan itu, Kemenhub juga mengimbau para maskapai, baik maskapai nasional maupun internasional non Qatar untuk membantu kebijakan pengalihan tersebut, sehingga transportasi para jamaah Umrah tetap berjaan lancar.

Selain itu, Agus juga mengimbau para jamaah untuk tenang dan menjalankan ibadah dengan khusuk. Dia juga meminta agen perjalanan haji dan Umrah yang menggunakan Qatar Airways untuk segera melapor agar dapat dicarikan solusinya.

 

Sumber : Jamaah Umrah dan Haji Indonesia Dialihkan dari Qatar Airways ke Garuda Indoneisa dan Saudi Airline
Jamaah Umrah dan Haji Indonesia Dialihkan dari Qatar Airways ke Garuda Indoneisa dan Saudi Airline
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments