Saturday, October 16, 2021
Home Nasional Jamin Stok Sapi Potong Aman, KPPU Awasi Ketat 36 Feedloter Jelang Lebaran

Jamin Stok Sapi Potong Aman, KPPU Awasi Ketat 36 Feedloter Jelang Lebaran

Sebanyak 36 feedloter (perusahaan penggemukan sapi potong) akan diawasi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) jelang lebaran tahun ini. Langkah itu diambil demi menjaga pasokan daging sapi tetap stabil hingga akhir Ramadhan.

“Ada kurang lebih 36 feedloter yang kami pantau dan ini yang terdaftar di Kementan (Kementerian Pertanian) dan Kemendag (Kementerian Perdagangan),” demikian ucap Ketua KPPU Syarkawi Rauf, di Hotel Grand Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (18/6).

Hasilnya, sejauh ini pasokan sapi potong dari feedloter ke Rumah Potong Hewan (RPH) terpantau stabil.

“Sampai sekarang pasokan sapi siap potong dari feedloter ke Rumah Potong Hewan (RPH) masih sangat stabil,” ujarnya menambahkan.

Sebagai gambaran, Syarkawi menjelaskan bahwa jelang lebaran kebutuhan akan sapi potong di RPH dari feedloter bisa meroket hingga 600 ekor per malam. Jumlah tersebut pun melonjak berkali-kali lipat dibandingkan pada malam-malam biasa yang hanya membutuhkan 105 ekor sapi.

“Mereka (RPH) itu butuh 105 sapi per malam sebelum Ramadhan. Meningkat 4 kali lipat menjadi 430-an ekor masuk Ramadhan. Menjelang Idul Fitri ini meningkat lagi jadi kurang lebih 600 ekor per malamnya,” ungkap Syarkawi.

Setidaknya kebutuhan daging sapi pada tahun ini mencapai 604.00 ton. Dengan perincian 354.000 ton dipenuhi dari daging lokal dan sisanya akan diambil langkah impor sapi bakalan.

“Untuk 2017, kebutuhan daging sapi kita 604.000 ton, sementara 354.000 ton dipenuhi dari daging lokal. Sisanya akan impor dalam bentuk daging sapi segar atau sapi bakalan,” terang Syarkawi.

Syarkawi dan pihaknya akan terus mengawasi jumlah sapi impor bakalan di feedloter. Hal ini dikarenakan pada bulan April hingga Juni 2017 setidaknya kebutuhan sapi bakalan mencapai sekitar 160.000 ekor atau 31.800 ton daging sapi bakalan.

“Untuk impor sapi bakalan periode April-Juni 2017 itu sekitar 160.000 ekor atau setara dengan 31.800 ton. Ini-lah yang akan kita jaga betul, jangan sampai sapi bakalan yang kita impor terjadi penumpukan di feedloter,” kata Syarkawi.

 

 
Sumber : Jamin Stok Sapi Potong Aman, KPPU Awasi Ketat 36 Feedloter Jelang Lebaran
Jamin Stok Sapi Potong Aman, KPPU Awasi Ketat 36 Feedloter Jelang Lebaran
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments